PENOKOHAN DALAM NOVEL LELAKI TUA DAN LAUT KARYA ERNEST HEMINGWAY DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

MARTIN SALIMAN, 1313041052 (2018) PENOKOHAN DALAM NOVEL LELAKI TUA DAN LAUT KARYA ERNEST HEMINGWAY DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1101Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1102Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penokohan dalam novel Lelaki Tua dan Laut karya Ernest Hemingway dan rancangan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan jenis-jenis tokoh, teknik analisis tokoh dalam novel Lelaki Tua dan Laut karya Ernest Hemingway dan rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber penelitian adalah novel Lelaki Tua dan Laut karya Ernest Hemingway yang telah diterjemahkan oleh Sapardi Djoko Damono dan diterbitkan oleh PT. Balai Pustaka (Persero) pada tahun 2014, dengan jumlah halaman 102 halaman. Terdapat 4 tokoh dalam novel Lelaki Tua dan Laut karya Ernest Hemingway ini, yaitu tokoh lelaki tua sebagai tokoh utama, tokoh protagonis, dan tokoh bulat. Tokoh anak laki-laki sebagai tokoh tambahan, tokoh sederhana, dan tokoh statis. Tokoh orang tua Manolin sebagai tokoh tamabahan, dan tokoh tipikal. Tokoh Martin sebagai tokoh tambahan. Dan ikan Tiburon sebagai tokoh antagonis. Jumlah jenis-jenis tokoh secara keseluruhan terdapat 28 data. Teknik pelukisan tokoh terdapat 12 data dibagi menjadi tokoh lelaki tua menggunakan teknik ekspositori, teknik tingkah laku, teknik pikiran dan perasaaan, teknik arus kesadaran, dan teknik pelukisan fisik. Manolin menggunakan teknik cakapan, tingkah laku, dan reaksi tokoh. Orangtua Manolin menggunakan teknik reaksi tokoh lain. Dan tokoh Martin menggunakan teknik reaksi tokoh lain. Rancangan pembelajaran menggunakan skenario pembelajaran dengan K.D 3.9, yaitu menganalisi isi dan kebahasaan novel. Kata kunci:Jenis-jenis tokoh, teknik pelukisan tokoh, dan pembelajaran penokohan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 188552946 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:06
Terakhir diubah: 11 Oct 2018 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33623

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir