ANGGI ANGGRAMAYENI, 1413024006 (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN 1 PUGUNG PENENGAHAN TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (68Kb) |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1201Kb) |
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1202Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SD N 1 Pugung Penengahan pada Tema 3 “Peduli terhadap Makhluk Hidup”. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV di SD N 1 Pugung Penengahan berjumlah 22 orang. Desain penelitian menggunakan one grup pretest posttest. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes, lembar observasi aktivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar peserta didik berkriteria baik. Aspek aktivitas yang paling tinggi adalah memperhatikan penjelasan guru dan paling rendah adalah mempertahankan pendapat. Bahan ajar berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik memiliki nilai N-gain 0,72 yang berkriteria tinggi. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal berkriteria sangat baik. Kata kunci: aktivitas, bahan ajar, hasil belajar, kearifan lokal
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 188900403 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 02:04 |
Terakhir diubah: | 23 Oct 2018 02:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37289 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |