PUTU AYU DAHLIAWATI, 1013053072 (2014) PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IVA SDN 05 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (223Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (251Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan guru kelas IVA SDN 05 Metro Timur, siswa mengalami beberapa permasalahan dalam pembelajaran tematik diantaranya, kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari 28 siswa terdapat 19 siswa yang belum memperoleh nilai minimal 66 atau mencapai kategori baik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVA SDN 05 Metro Timur melalui penerapan strategi Concept Mapping. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Concept Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata motivasi siswa siklus I yaitu 60,21 (cukup) dan di siklus II meningkat menjadi 77,06 (baik). Hasil belajar siswa meningkat sehingga mencapai nilai ≥66 dengan kategori baik. Siklus I nilai rata-rata kelas 65,21 (cukup) dan siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 79,89 (baik). Meningkatnya hasil belajar, ketuntasan belajar juga meningkat. Ketuntasan belajar siswa di siklus I 60,71%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 25,02% sehingga menjadi 85,73%. Kata kunci : hasil belajar, motivasi dan strategi concept mapping.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:09 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3978 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |