ANGGER BUDI ANGKASA, 0813051006 (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR KAYANG DENGAN BANTUAN TEMAN, DINDING DAN GYMBALL PADA SISWA KELAS IV SDNEGERI 4 PUJODADI PRINGSEWU. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
FIle PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
COVER DALAM.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (891Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
PENGESAHAN.pdf Download (717Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf Download (564Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
MOTO.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
SANWACANA.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
BAB I.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
BAB II.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
BAB III.pdf Download (397Kb) | Preview |
|
FIle PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (199Kb) |
||
|
FIle PDF
BAB V.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar kayang pada siswa kelas IV SD Negeri Pujodadi Pringsewu tahun pelajaran 2013/2014, dengan menggunakan bantuan teman, bantuan dinding dan bantuan gymball . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)dengan menggunakan tiga siklus. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 16 laki-lakidan 10 perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan skala observasi penilaian gerak dasar kayang. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa penilaian siklus pertama dengan penggunaan metode pembelajaran gerak dasar kayang yang dibantu dengan teman diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 26,92%, sedangkan tingkat efektivitas 44,93% itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus kedua dengan metode pembelajaran gerak dasar kayang dengan bantuan dinding diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 46,16%, sedangkan tingkat efektivitas 49,80% itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus ketiga dengan metode pembelajaran gerak dasar kayang dengan bantuan alat gymballdiperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 84,61%, dengan perhitungan tingkat efektivitas 78,07%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai khususnya materi gerak dasar kayang dengan alat bantu dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar kayang pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Pujodadi Pringsewu Kata Kunci :Peningkatan, Gerak Dasar Kayang, BantuanTeman, Dinding, Dan Gymball.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 20 Oct 2014 07:47 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2014 07:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4288 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |