PENGARUH SKILL MULTIREPRESENTASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE

NANI PAHINI, 1013022076 (2014) PENGARUH SKILL MULTIREPRESENTASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (317Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (380Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Banyak siswa menganggap fisika merupakan pelajaran yang sulit dan rumit karena terlalu banyak menggunakan rumus-rumus dan pengembangan konsep sehingga siswa lebih banyak merepresentasikan fisika hanya secara matematik. Siswa cenderung kesulitan untuk mengubah makna konsep tersebut ke dalam bentuk representasi yang lain. Pada dasarnya, siswa memiliki kemampuan seluas samudera, sehingga sesungguhnya siswa memiliki skill dalam merepresentasikan sebuah konsep fisika dalam berbagai bentuk representasi, hanya tinggal bagaimana guru mampu untuk menggalinya melalui pembelajaran dikelas. Dengan mengetahui berbagai skill siswa dalam merepresentasikan sebuah konsep diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skill multirepresentasi terhadap hasil belajar fisika pada model pembelajaran EXCLUSIVE. Penelitian dilaksanakan di kelas 2A MIA SMA Negeri 1 Pringsewu dengan jumlah 33 siswa pada Semester Genap Tahun Ajaran 2013 – 2014 dengan materi pokok Suhu dan Kalor. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh data skill multirepresentasi dan hasil belajar fisika yang Nani Pahini kemudian diuji normalitas dan linieritasnya sebagai prasyarat uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal dan linier. Hasil uji regresi linier sederhana yang dilakukan menunjukkan nilai R square sebesar 0,393 yang berarti bahwa pengaruh skill multirepresentasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 3,93% dengan koefisien korelasi yang positif sebesar 0,627 menunjukkan kedua variabel tersebut memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan persamaan regresi Y = 19,752 + 0,845X. Hasil analisis data juga menunjukkan nilai thitung sebesar 4,477 lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 2,045 dan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa skill multirepresentasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar fisika. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran EXCLUSIVE, skill multirepresentasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 Oct 2014 01:45
Terakhir diubah: 20 Oct 2014 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4340

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir