Didi Rahmadi, 1013022028 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Unila.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENEGESAHAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (257Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (381Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (243Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (407Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil penelitan pendahuluan menunjukan bahwa sarana dan prasarana di sekolah sudah lengkap dengan tersedianya laboratorium komputer, proyektor, dan komputer. Selain itu, guru IPA sudah memiliki laptop dan bisa mengoperasikannya, sehingga memungkinkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Di sekolah juga belum ada media pembelajaran yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti mengembangkan video pembelajaran sains yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan bagi siswa SMP/MTs, melihat efektivitas produk dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D). Langkah-langkah dalam pengembangan meliputi, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain oleh dua orang guru, revisi desain, uji coba produk pada tiga orang siswa SMPN 2 Bandar Lampung, revisi produk I, uji coba pemakaian oleh siswa SMPN 2 Bandar Lampung, revisi produk II, dan produksi masal. Penelitian pengembangan ini menghasilkan data penilaian uji kemenarikan 3,13 yang berarti produk ini menarik, data uji kemudahan 3,22 yang berarti produk ini mudah digunakan, dan data uji kemanfaatan 3,89 yang berarti produk ini sangat bermanfaat. Produk ini sudah dinyatakan layak dan efektif berdasarkan tiga aspek hasil uji coba yaitu aspek pengetahuan 80% siswa telah mencapai KKM, aspek sikap 80% siswa telah mencapai KKM dan aspek keterampilan 83,4% mencapai KKM. Dapat disimpulkan telah dihasilkan produk media pembelajaran sains berupa video yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan untuk siswa tingkat SMP/MTs pada materi wujud zat padat, cair, dan gas yang menarik, mudah digunakan dan sangat bermanfaat, dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 390583 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Oct 2014 04:32 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2014 04:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4378 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |