PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ELABORASI

GAMILLA NURI UTAMI , 1013023042 (2014) PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ELABORASI. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (252Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah terhadap keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada materi larutan elektrolit dan non- elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung semester genap Tahun 2013-2014 dengan kelas X2 dan X3 sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas pende- katan ilmiah ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n- Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi untuk kelas kontrol dan eksperi- men masing-masing 0,47 dan 0,65. Berdasarkan pengujian hipotesis mengguna- kan uji-t, disimpulkan bahwa secara statistik rata-rata n-Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada kelas yang diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah lebih tinggi Gamilla Nuri Utami iii daripada rata-rata n-Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan elaborasi. Kata kunci: elektrolit dan nonelektrolit, keterampilan elaborasi, pendekatan ilmiah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 07 Nov 2014 07:42
Terakhir diubah: 07 Nov 2014 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir