PENGUKURAN HOUSE INDEX (HI), CONTAINER INDEX (CI), BRETEAU INDEX (BI), Aedes sp. SEBAGAI UPAYA PENENTUAN RESIKO PENULARAN PENYAKIT DBD DI UNIVERSITAS LAMPUNG

Wildan Afta Mulia, 1517021153 (2019) PENGUKURAN HOUSE INDEX (HI), CONTAINER INDEX (CI), BRETEAU INDEX (BI), Aedes sp. SEBAGAI UPAYA PENENTUAN RESIKO PENULARAN PENYAKIT DBD DI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (303Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2862Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2855Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Virus dengue adalah penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), sampai saat ini masih cukup tinggi, sekitar 3,97 miliar orang di seluruh dunia terinfeksi virus dengue. Daerah endemis demam berdarah di Provinsi Lampung terdapat di 4 lokasi yaitu Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Utara. Data dari Dinas Kesehatan provinsi Lampung memperlihatkan angka kesakitan atau incidence Rate (IR) DBD di Kota Bandar Lampung 2018 sebesar 107, 66 per 100.000 penduduk. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data tempat penampungan/kontainer air yang berpotensi menjadi tempat perindukan nyamuk Aedes sp., menghitung nilai House Index (HI), Container Index (CI), Breteau Index (BI), dan Density Figure (DF), yang akan digunakan untuk menentukan kriteria resiko penularan penyakit DBD di Universitas Lampung.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Parameter yang dipakai adalah House Index (HI), Container Index (CI), Breteau Index (BI). Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai pada bulan Juli tahun 2019. Tempat penelitian dilakukan di Universitas Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis tempat penampungan air yang paling berpotensi sebagai tempat perindukan nyamuk dan banyak ditemukan larva Aedes sp. adalah drum dan ember yang memiliki volume besar ( ≥ 50 liter), warna gelap, dan yang berada di ruangan gelap. Nilai House Index (HI), Container Index (CI), Breteau Index (BI) dan nilai Density Figure (DF) berturut-turut adalah 30%, 11%, 60% dan 5. Berdasarkan nilai HI,CI, BI, dan DF tersebut kriteria resiko penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Universitas Lampung adalah tinggi dan berpotensi terjadi kejadian luar biasa (KLB). Kata Kunci: House Index, Container Index, Breteau Index, Density Figure Universitas Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 19 Mar 2022 16:57
Terakhir diubah: 19 Mar 2022 16:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55201

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir