INDUKSI AKAR DAN TUNAS TANAMAN STEK LADA (Piper nigrum L.) KULTIVAR NATAR 1 DENGAN MENGGUNAKAN BIO-FOB EC DAN BIO-FOB WP

TOMMI MAULANA MUHAMMAD, 1517021074 (2019) INDUKSI AKAR DAN TUNAS TANAMAN STEK LADA (Piper nigrum L.) KULTIVAR NATAR 1 DENGAN MENGGUNAKAN BIO-FOB EC DAN BIO-FOB WP. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (843Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (844Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanaman lada (Piper nigrum L) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan karena nilai ekspornya yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh kombinasi konsentrasi Bio-FOB EC (cair) dan Bio-FOB WP (bubuk) untuk menginduksi akar dan tunas tanaman setek lada. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2018 di Laboratorium Botani Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung. Rancangan yang ii digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial,dengan Faktor 1 : Konsentrasi Bio-FOB EC yaitu 0 %, 2 % (v/v) dan 3% (v/v) , Faktor 2 : Konsentrasi Bio-FOB WP yaitu 0% dan 20% (b/v) sehingga diperoleh 6 kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan di lakukan pengulangan sebanyak 4 kali sehingga terdapat 24 satuan percobaan. Untuk melihat pertumbuhan tanaman stek lada variabel yang di ukur pada penelitian ini adalah persentase pertumbuhan stek lada, panjang akar, panjang tunas, jumlah akar, dan foto morfologi stek lada. Data yang diperoleh di homogenitaskan dengan uji Levene, lalu dilanjut dengan ANARA taraf nyata 5%, jika ada perbedaan signifikan pada interaksi faktor A dan B, dilanjutkan dengan Uji BNJ taraf nyata 5 %. Dari hasil penelitian kombinasi perlakuan Bio-Fob Ec dan Bio-Fob Wp dalam menginduksi akar dan tunas pertumbuhan stek lada memberikan pengaruh yang tidak nyata, tetapi pada masing-masing perlakuan, perlakuan yang paling efektif untuk pertumbuhan stek lada adalah Bio-Fob Ec konsentrasi 3% dan Bio-Fob Wp konsentrasi 20%. Kata kunci: stek lada, Bio-FOB, akar lada, tunas lada.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 19 Mar 2022 16:49
Terakhir diubah: 19 Mar 2022 16:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55207

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir