RINA KURNIA DEWI, 0913022017 (2013) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Menyetujui.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Mengesahkan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Surat Pernyataan...pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat hidup.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. BAB 1.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
15. BAB II.pdf Download (306Kb) | Preview |
|
|
File PDF
16. BAB III.pdf Download (317Kb) | Preview |
|
File PDF
17. BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (432Kb) |
||
|
File PDF
18. BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Keterampilan metakognisi yang dimiliki sebagian siswa di SMP Negeri 1 Purbolinggo masih kurang baik, yaitu siswa kurang memahami cara dan metode belajar yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa itu sendiri. Sehingga masih terdapat siswa yang sulit dalam memahami materi yang dipelajari. Karena kurangnya keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah, khususnya dalam pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap keterampilan berkomunikasi fisika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe TSTS .(2) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap keterampilan berpikir kritis fisika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe TSTS . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purbolinggo, Lampung Timur pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa . Berdasarkan uji normalitas, semua data hasil penelitian berdistribusi normal. Untuk uji linearitas antara keterampilan metakognisi dan keterampilan berkomunikasi serta keterampilan metakognisi dan keterampilan berpikir kritis terdapat pengaruh yang linear. Hal ini dilihat dari hasil uji yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Linearity) yang didapatkan kurang dari 0,05. Untuk uji regresi sederhana, bentuk persamaan regresi: (1) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap keterampilan berkomunikasi adalah Y1 = 26,955 + 0,417 X , menunjukkan bahwa koefisien regresinya bernilai positif dan nilai Sig. (2-tailed) 0,010 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Keterampilan metakognisi berpengaruh terhadap keterampilan berkomunikasi sebesar 21,2%. (2) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap keterampilan berpikir kritis adalah Y2 = 14,128 + 0,925 X, menunjukkan bahwa koefisien regresinya bernilai positif dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Keterampilan metakognisi berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 56,3%. Hasil uji regresi tersebut menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi berpengaruh terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berpikir kritis. Kata kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), Keterampilan Metakognisi, Keterampilan Berkomunikasi, Keterampilan Berpikir Kritis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 07:03 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2014 07:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5525 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |