STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA LAMPUNG POST DI BANDAR LAMPUNG

NANDA YUSTIZAR RAMADANI, 1411011086 (2019) STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA LAMPUNG POST DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2773Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2773Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan bisnis media cetak semakin mengalami kemunduran. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang media cetak bahkan harus gulung tikar. Lampung Post merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang media cetak. Ini yang mendasari penelitian ini dilakukan di Lampung Post. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi bisnis yang lebih baik untuk Lampung Post dengan pendekatan Business Model Canvas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dikakukan dengan wawancara dan kuesioner. Kemudian dianalisis dengan menggunakan Business Model Canvas yang setiap elemennya dianalisis dengan SWOT, juga dianalisis dengan Matrik IFE dan EFE, Matrik IE, Matrik SWOT, dan Blue Ocean Strategy yang digabungkan dengan Business Model Canvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran model bisnis Lampung Post saat ini berada pada tahap posisi mempertahankan dan memelihara (Hold and Maintain) ditinjau dari aspek-aspek Business Model Canvas yang dianalisis menggunakan Matrik IFE dan Matrik EFE menghasilkan Matrik IE yang terletak pada kuadran V, alternatif strategi yang tepat digunakan pada kuadran ini adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis Matrik SWOT dan Blue Ocean Strategy adalah Lampung Post sebaiknya meningkatkan costumer segements dengan merambah ke Warga Negara Asing. Pada value proposition Lampung Post perlu melakukan variasi desain dan memberikan fitur offline. Mengoptimalkan media sosial dan menciptakan saluran televisi pada elemen channels. Penghapusan surat pembaca, mendirikan perpustakaan, dan pemberian reward bagi pelanggan koran cetak pada elemen costumer relationship. Untuk revenue streams Lampung Post dapat melakukan inovasi mencetak majalah. Kemudian pada elemen key resources perlu peningkatan pada peralatan dan perlengkapan jurnalistik serta SDM yang perusahaan miliki. Untuk elemen key activities Lampung Post perlu mengurangi anggaran sumber daya yang digunakan untuk melakukan proses produksi koran cetak, lebih masif lagi dalam melakukan promosi dan distribusi melalui media online, serta pengadaan pelatihan rutin bagi SDM yang dimilki. Perlu melakukan kerjasama dengan influencer dalam elemen key partnership. Pada cost structure biaya bahan baku dan BBM sebaiknya dikurangi, biaya marketing sebaiknya ditingkatkan, dan penciptaan biaya baru yaitu biaya komisi untuk influencer. Kata kunci : Strategy Business, Business Model Canvas, Matrik IFE, Matrik EFE, Matrik IE, Matrik SWOT, Blue Ocean Strategy, Lampung Post

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:09
Terakhir diubah: 21 Mar 2022 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55264

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir