EFEK ALELOPATI EKSTRAK AIR DAUN KERING PEPPERMINT (Mentha piperita L.) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN PADI (Oryza sativa L.) GOGO VARIETAS INPAGO 8

RISTA CHANDRA DEVI, 1517021023 (2019) EFEK ALELOPATI EKSTRAK AIR DAUN KERING PEPPERMINT (Mentha piperita L.) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN PADI (Oryza sativa L.) GOGO VARIETAS INPAGO 8. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2349Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1856Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Senyawa alelopati merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh tumbuhan baik sewaktu masih hidup atau setelah mati. Senyawa ini dilepaskan ke lingkungan melalui berbagai mekanisme seperti penguapan dari daun atau akar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekstrak air daun mint (Mentha piperita L.) bersifat alelopati terhadap perkecambahan dan pertumbuhan padi gogo varietas Inpago 8. Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai Desember 2018 di Laboratorium Botani, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 taraf konsentrasi (0% b/v (kontrol), 10% b/v, 20% b/v, 30% b/v, 40% b/v ) yang terdiri dari 5 ulangan. Sebagai parameter adalah daya kecambah, panjang tunas, berat segar, rasio tunas akar, kadar air relatif, rasio klorofil b terhadap a. Uji F dan Uji t dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi 20% menurunkan daya kecambah menjadi 78% sedangkan konsentrasi 30% dan 40% menghambat secara total perkecambahan benih padi. Konsentrasi ekstrak 10% dan 20% menghambat pertumbuhan panjang tunas kecambah, berat segar kecambah, dan kadar air relative. Sementara Rasio tunas akar dan Rasio klorofil b terhadap a tidak mengalami perubahan yang signifikan terhadap semua perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak air daun kering mint bersifat alelopati terhadap kecambah padi gogo varietas Inpago 8. Kata kunci : Alelopati, Mentha piperita, Padi Gogo varietas Inpago 8, perkecambahan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:23
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 05:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55333

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir