PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK UMBI BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG (Ipomoea reptans L.)

Ricka Rizkiani A, 1517021111 (2019) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK UMBI BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG (Ipomoea reptans L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (661Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (661Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Di Indonesia produksi kangkung masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah kesuburan tanah yang rendah. Alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan tanah salah satunya yaitu dengan menggunakan pupuk organik dari ekstrak umbi bawang merah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak umbi bawang merah terhadap pertumbuhan tanaman kangkung (Ipomoea reptans L.). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung pada bulan November sampai Desember 2018, dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal. Yaitu sebagai perlakuan ekstrak umbi bawang merah (Allium cepa L.) dengan 5 taraf konsentrasi : 0% v/v (K0), 10% v/v (K1), 20% v/v (K2), 30% v/v (K3) dan 40% v/v (K4). Setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali, sehingga jumlah satuan percobaan adalah 25. Variabel dalam penelitian ini adalah jumlah daun, tinggi tanaman, berat kering daun dan batang, serta klorofil a, b, dan total. Data yang diperoleh dihomogenkan dengan uji Levene. Apabila sudah homogen kemudian di analisis ragam dengan taraf nyata 5%. Bila ada perbedaan antar perlakuan, maka diteruskan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak umbi bawang merah berkorelasi kuadratik dengan jumlah daun, tinggi tanaman, berat kering daun dan batang terjadi kenaikan secara signifikan pada konsentrasi 30% v/v. Ekstrak umbi bawang merah tidak berpengaruh nyata pada kandungan klorofil a, b dan total. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak umbi bawang merah dengan konsentrasi 30% dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman kangkung. Kata kunci : Kangkung, Pertumbuhan, Umbi Bawang Merah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:41
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55363

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir