Lisa, Diana (2011) PENILAIAN KINERJA PRASARANA DAN SARANA TRANSPORTASI PERKOTAAN UNTUK PENGEMBANGAN PARIWISATA (DI KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA, BANDAR LAMPUNG). Universitas Lampung.
|
File PDF
Diana_Halaman depan.pdf Download (367Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Diana_Abstrak.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Diana_Bab I.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Diana_Bab II.pdf Download (823Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Diana_Bab III.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Diana_Bab IV.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Diana_Bab V.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Diana_Daftar Pustka.pdf Download (125Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kebijakan pengembangan pembangunan sistim transportasi perkotaan harus diarahkan pada terwujudnya sistim transportasi nasional secara terpadu, tertib, aman dan nyaman, serta efisien dalam menunjang mobilitas manusia, barang dan jasa, serta mendukung pembangunan wilayah, harus ditata dan terus disesuaikan dengan perkembangan ekonomi, tingkat kemajuan teknologi, kebijakan tata ruang, pelestarian fungsi lingkungan hidup, dan kebijakan energi nasional agar selalu dapat memenuhi kebutuhan akan pembangunan serta tuntutan masyarakat. Transportasi penumpang dan barang diperkotaan harus dibina dan dikembangkan agar mampu berperan dalam meningkatkan kelancaran arus penumpang dan barang selaras dengan dinamika pembangunan. Demi terwujudnya sistim transportasi yang berkelanjutan, penelitian berikut sebagai dasar penulisan terhadap kebijakan pemeritah kota dalam hal ini angkutan bis damri, yang telah membuat regulasi akan ketersediaan sarana angkutan. Angkutan perkotaan berupa bis damri, dan angkutan lain seperti; ojek, gerobak sapi, angdes yang telah lebih dulu dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai angkutan untuk membawa kemananpun tujuan mereka melewati wilayah studi di Kecamatan Teluk Betung Utara. Karena terbatasnya armada serta jarak dan waktu yang cukup lama untuk mencapai ke wilayah studi, bis damri hanya dimanfaatkan masyarakat untuk waktu tertentu saja, sehingga masyarakat tidak terlalu bergantung terhadap angkutan ini. Sebab lain, karena kebanyakan masyarakat di sekitar wilayah studi rata – rata telah memiliki kendaraan pribadi. Sedangkan masyarakat di luar wilayah studi belum banyak yang mengetahui angkutan yang melewati obyek wisata alam daerah ini. Kebanyakan mereka menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke tempat obyek wisata. Alasannya, banyak dari mereka yang tidak mengetahui keberadaan angkutan bis damri yang melewati rute obyek wisata, lama menunggu, serta alasan lain yang membuat mereka tidak tertarik untuk menggunakan angkutan bis. Berdasarkan data hasil studi didapat prosentase pengguna angkutan bis damri kurang dari 50 % atau rata – rata hanya 0.3 % Hal ini menandakan bahwa load factor angkutan bis damri kurang dari 50 %. Artinya biaya yang dikeluarkan sebagai biaya operasioanal lebih besar. Oleh sebab itu perlu dilakukan evaluasi kembali terhadap operasional bis damri pada rute ini. Sedangkan angkutan lainnya seperti angkot, angdes dan mobil sewa angkut hasil bumi merupakan kebutuhan temporer dan bersifat sesaat, sewaktu – waktu diperlukan secara tiba-tiba, angkutan ini selalu ada. Policy development of urban transport system development should be directed to the realization of an integrated national transportation system, orderly, safe and comfortable, and efficient in supporting the mobility of people, goods and services, and supporting regional development, to be laid out and kept adjusted to economic development, the rate of technological progress , spatial policy, environment conservation, and national energy policy that will always be able to meet the needs and demands of community development. Urban transport of passengers and goods must be nurtured and developed to be able to play a role in enhancing the smooth flow of passengers and goods in line with the dynamics of development. For the realization of a sustainable transport system, the following research as a basis for writing the policy in this regard pemeritah city bus transport Damri, who has made a regulation will be the availability of means of transport. Damri form of urban transport buses and other transportation such as taxis, ox carts, angdes which had already utilized the surrounding community as a transport to carry them through destination kemananpun study area in the Gulf District of North Betung. Due to the limited fleet as well as distance and time long enough to reach into the study area, Damri bus used only for certain people only, so that people are not too dependent on this transport. Other reasons, because most communities around the study area average - the average has had a personal vehicle. While people outside the study area not many people know the freight passing through the natural attractions of this area. Most of them use a private vehicle to go to the place of tourist attraction. The reason, many of them are not aware of the existence Damri bus transportation routes that pass through tourism, long wait, as well as other reasons that make them are not interested in using bus transportation. Based on data from the study results obtained percentage Damri bus transport users less than 50% or the average - average only 0.3%, indicating that the load factor Damri bus transport less than 50%. This means that costs incurred as a cost operasioanal larger. Therefore it is necessary to re-evaluate the operation of buses on this route Damri. While other transportation such as public transportation, car rental and transportation angdes the earth is temporary and needs to be a moment, when - the time required of a sudden, transportation is always there.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Mesin (General). Mesin Sipil (General) > Mesin (General). Mesin Sipil (General) Mesin (General). Mesin Sipil (General) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | S.I.Kom. Endah Kurniasari |
Date Deposited: | 20 Jan 2014 05:32 |
Terakhir diubah: | 20 Jan 2014 05:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/554 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |