PERSEPSI IBU-IBU RUMAH TANGGA TENTANG ISU-ISU KONTROVERSIAL PADA TAYANGAN INFOTAINMENT PAGI-PAGI PASTI HAPPY TRANS TV

Origo Hasiholan, 1416031098 (2019) PERSEPSI IBU-IBU RUMAH TANGGA TENTANG ISU-ISU KONTROVERSIAL PADA TAYANGAN INFOTAINMENT PAGI-PAGI PASTI HAPPY TRANS TV. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2419Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1975Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Komunikasi massa merupakan proses penyampaian pesan kepada orang banyak melalui media salah satunya televisi. Televisi merupakan jaringan komunikasi dengan peran yaitu satu arah, menimbulkan keserempakan, dan banyak menyuguhkan program acara dalam beragam jenis salah satunya tayangan infotainment. Program acara infotainment yang paling banyak menarik perhatian adalah acara Pagi-Pagi Pasti Happy di TRANS TV. Acara infotainment yang menyasar para ibu-ibu rumah tangga dapat menimbulkan persepi tersendiri bagi mereka yang disebabkan oleh isu-isu kontroversial pada tayangan infotainment Pagi-Pagi Pasti Happy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teori S.O.R (Stimulus-Organism-Response) yang mengasumsikan bahwa kata-kata verbal, isyarat-isyarat nonverbal, gambar- gambar, dan tindakan-tindakan tertentu akan merangsang orang lain untuk memberikan respon dengan cara tertentu yang terdiri dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa persepsi ibu-ibu rumah tangga tentang isu-isu kontroversial pada tayangan infotainment Pagi-Pagi Pasti Happy TRANS TV dinilai banyak memberikan dampak negatif karena terlalu banyak menampilkan hal-hal yang tidak sepatutnya ditayangkan sebuah acara infotainment. Hal tersebut diketahui atas dasar penggabungan teori S.O.R dengan tiga aspek pendukungnya yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Kata Kunci : komunikasi massa, teori S.O.R, aspek kognitif, aspek afektif, aspek konatif Mass communication is the process of delivering messages to many people through the media, one of them is television. Television is a communication network with a role that is one direction, giving rise to simultaneity, and presenting many programs in various types, one of which is infotainment. The most interesting infotainment program is the “Pagi-Pagi Pasti Happy”on TRANS TV. Infotainment programs that target housewives can give rise to their own perceptions caused by controversial issues in “Pagi-Pagi Pasti Happy”. This study uses qualitative research method and SOR theory (Stimulus-Organism-Response) which assumes that verbal words, nonverbal cues, pictures, and certain actions will stimulate others to respond in certain ways which consist of 3 aspects, namely cognitive aspects, affective aspects, and conative aspects. The results of this study indicate that the perception of housewives on controversial issues in “Pagi-Pagi Pasti Happy” on TRANS TV is considered having a lot of negative effects because there are too many things that should not be aired by an infotainment program. The results are based on the incorporation of the theory of S.O.R with three supporting aspects, namely cognitive, affective aspects, and conative aspects. Keywords : mass communication, S.O.R theory, cognitive aspects, affective aspects, conative aspects

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:13
Terakhir diubah: 23 Mar 2022 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55544

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir