ANALISIS SEGMENTASI PASAR WARUNG KOPI ROBUSTA DI BANDAR LAMPUNG

Muhammad Ubaidillah, 1316051055 (2019) ANALISIS SEGMENTASI PASAR WARUNG KOPI ROBUSTA DI BANDAR LAMPUNG. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1848Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1834Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dari strategi segmentasi pasar pada warung kopi Robusta di Bandar Lampung, dilakukan pada warung kopi modern dan warung kopi tradisional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Bedasarkan hasil pembahasan dalam penelitian Analisis Segmentasi Pasar Warung Kopi Robusta di Bandar Lampung adalah terbagi menjadi segmentasi demografis, segmentasi geografis, segmentasi psikologis dan segmentasi perilaku. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis cluster. Analisis cluster pada penelitian ini adalah cluster I untuk warung kopi modern dan cluster II untuk warung kopi tradisional. Dalam hasil penelitian cluster I dan cluster II tidak berbeda secara signifikan antara pengunjung warung kopi modern dan warung kopi tradisional. Segmentasi psikografis pada cluster I dan cluster II memiliki hasil yang sama yaitu sikap netral responden dalam mengkonsumsi kopi dan adanya warung atau kedai kopi membuat ingin menikmati kopi. Segmentasi demografis pada cluster I pengunjung berusia 20-30 tahun, rata-rata menjadi pegawai negri dan berpenghasilan sebesar Rp 2.000.000 dengan pengunjung ratarata lakilaki dan cluster II pengunjung berusia 20 tahun, rata-rata menjadi pelajar, mahasiswa dan berpenghasilan sebesar <Rp2.000.000 dengan pengunjung ratarata lakilaki. Segmentasi geografis pada cluster I dan cluster II adalah keberadaan warung atau kedai kopi memudahkan mereka dalam mengkonsumsi kopi. Segmentasi prilaku pada cluster I dan cluster II responden sering mengkonsumsi kopi dalam satu bulan untuk menikmati kopi robusta asli. Penelitian dari tingkat keefektifan segmentasi pasar yang dilakukan oleh peneliti saat ini bertujuan untuk membatu para pelaku usaha warung kopi menciptakan inovasi dan strategi pemasaran dengan tepat. This study aims to determine the process of market segmentation strategies Robusta coffee shops in Bandar Lampung, carried out in modern coffee shops and traditional coffee shops. This study uses descriptive methods using a quantitative approach. Based on the results of the discussion in the Robusta Coffee Shop Market Segmentation Analysis in Bandar Lampung, it is divided into demographic segmentation, geographical segmentation, psychological segmentation and behavioral segmentation. The analytical method used in this study is cluster analysis. Cluster analysis in this study is cluster I for modern coffee shops and cluster II for traditional coffee shops. The results of cluster I and cluster II research did not differ significantly between visitors to modern coffee shops and traditional coffee shops. Psychographic segmentation in cluster I and cluster II has the same results, namely the neutral attitude of the respondents in consuming coffee and the existence of a coffee shop or coffee shop makes want to enjoy coffee. Demographic segmentation in cluster I visitors aged 20-30 years, the average became a civil servant and earning Rp 2,000,000 with an average visitor of men and cluster II visitors aged 20 years, the average being students, students and earning of < Rp2,000,000 with an average male visitor. Geographical segmentation in cluster I and cluster II is the existence of a coffee shop or coffee shop makes it easy for them to consume coffee. Behavior segmentation in cluster I and cluster II respondents often consume coffee within one month to enjoy the original robusta coffee. Research of the effectiveness of market segmentation conducted by researchers at this time aims to help the coffee shop entrepreneurs create innovations and marketing strategies appropriately. Keywords: Analysis Of Clusters, Coffe Shop, Market Segmentation..

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: UPT . Digilib3
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:55
Last Modified: 23 Mar 2022 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55585

Actions (login required)

View Item View Item