PENGARUH TAYANGAN “SEMUA BISA MASAK DI TRANS TV” TERHADAP MOTIF BELAJAR SISWA JURUSAN TATA BOGA (Studi Pada Siswa SMK Kridawisata Bandar Lampung Jurusan Tata Boga)

MEIRIN RAHMA DIRA, 1516031075 (2019) PENGARUH TAYANGAN “SEMUA BISA MASAK DI TRANS TV” TERHADAP MOTIF BELAJAR SISWA JURUSAN TATA BOGA (Studi Pada Siswa SMK Kridawisata Bandar Lampung Jurusan Tata Boga). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2007Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1934Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Televisi sebagai media massa memiliki fungsi sebagai pemberi informasi bagi masyarakat dengan jangkauan audience yang luas. Penelitian dilakukan di jurusan tata boga SMK KRIDAWISATA Bandar Lampung. Tayangan “Semua Bisa Masak” merupakan tayangan kuliner yang dimiliki oleh stasiun swasta yaitu Trans TV yang berisi edukasi memasak. Tayangan “Semua Bisa Masak” menayangkan cara membuat makanan yang sangat beragam mulai dari makanan yang sangat mudah dengan bahan-bahan yang sangat sedikit, hingga membuat makanan yang cukup sulit. Acara ini memiliki konten edukatif kuliner yang dapat dijadikan media pembelajaran untuk para siswa jurusan tata boga, dengan berbagai macam motif mereka masing-masing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh antara tayangan kuliner “Semua Bisa Masak” Trans TV terhadap motif belajar siswa jurusan tata boga di SMK Krida wisata Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jelas dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode penelitian survei dengan sampel 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan studi kepustakaan. Teknik pengolahan data dalam studi ini melalui tahap editing, koding, dan tabulasi. Terdapat dua variabel pada penelitian maka menggunakan teknik analisis data dengan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian ini terdapat pengaruh tayangan “Semua Bisa Masak” Trans TV terhadap motif belajar siswa jurusan tata boga SMK KRIDAWISATA Bandar Lampung. Nilai korelasi pengaruh tayangan “Semua Bisa Masak” Trans TV terhadap motif belajar siswa adalah 0,579 yang berada dalam derajat hubungan yang sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji T pengaruh X terhadap Y adalah 4,916% Kata kunci : Tayangan Televisi, Semua Bisa Masak Trans TV, Motif Belajar, Kuliner Television as a mass media has a function as a giver information for people with a broad audience. The study was conducted in the department of culinary management at KRIDAWISATA VOCATIONAL SCHOOL, Bandar Lampung. "Semua Bisa Masak" show is a culinary shows owned by private stations name Trans TV which contains cooking education. "Semua Bisa Masak" show airing a variety of foods ranging from very easy foods with less ingredients to food that is quite difficult. This program has culinary educative content that can be used as a learning medium for students majoring in cooking, with their various motives. The formulation of the problem in this study is how much the influence of Trans TV culinary show "Semua Bisa Masak" on the learning motives of culinary department students at the Kridawisata vocational school in Bandar Lampung. The type of research used in this study is quantitative that used survey research method with the sample of 50 respondents. The technique used to collect the data was questionnaires and literature studies. Data processing techniques in this study are the stages of editing, coding, and tabulation. There are two variables in the study using data analysis techniques with a simple linear regression formula. Based on this research, there is the influence of Trans TV's "Semua Bisa Masak" show on students learning motives in culinary management, KRIDAWISATA VOCATIONAL SCHOOL, Bandar Lampung. The correlation value of the influence of Trans TV's "Semua Bisa Masak" on students learning motives is 0.579 which is in a moderate degree of relationship. The results of hypothesis test using the T test is the effect of X on Y is 4,916% Keywords: Television Show, Semua Bisa Masak Trans TV, Learning Motives, Culinary

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:33
Terakhir diubah: 24 Mar 2022 03:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55615

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir