Handoyo, Triwahyu (2011) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XI ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH. Universitas Lampung.
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Halaman Depan.pdf Download (507Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab I.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab II.pdf Download (495Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab III.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab IV_1.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab IV_2.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab IV_3.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab IV_4.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab IV_5.pdf Download (837Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Bab V.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Triwahyu Handoyo_Daftar Pustka.pdf Download (62Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan media interaktif mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA, 2) mengetahui karakteristik, 3) mengetahui efektivitas, dan 4) mengetahui kemenarikan media yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini terdiri atas tiga tahap dengan tujuh langkah. Tahap pertama, pra-pengembangan model, tahap kedua pengembangan model, dan tahap ketiga, penerapan model. Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa Compac Disk (CD) berisi multimedia interaktif tentang sistem pencernaan, sistem ekskresi dan sistem reproduksi pada manusia. Produk kedua berupa buku panduan penggunaan multimedia interaktif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) pengembangan media interaktif mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA dilakukan dengan menggunakan adobe flash, 2) karakteristik media yang dikembangkan adalah CD pembelajaran interaktif, dilengkapi tombol-tombol navigasi, isi media berupa teks, audio, dan video/animasi, 3) untuk membelajarkan materi tentang sistem pencernaan, sistem ekskresi dan sistem reproduksi pada manusia, lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan rata-rata nilai tes formatif 78,12 dibandingkan dengan menggunakan media lain yang rata-rata nilai tes formatifnya 72,80, juga dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata satu pihak, dimana t hitung = 1,915 > t table = 1,664. Maka menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternetaif, yang menyatakan bahwa rata-rata nilai tes formatif pada siswa yang pembelajarannya menggunakan media interaktif lebih besar dibandingkan dengan rata-rata nilai tes formatif pada siswa yang pembelajarannya menggunakan media lain, dan 4) media interaktif yang dikembangkan memiliki unsur kemenarikan yang baik. Kata kunci: multimedia, interaktif, biologi The purpose of this research were to: 1) develop interactive media in Biology Learning at XI IPA class of SMA, 2) know the characteristics, 3) know the effectiveness, and 4) know the attractiveness of media are developed. This research and development consists of three phases with seven steps. The first phase, pre-development of the model, the second phase of model development, and the third phase, the application of the model, was generating the product of Compact Disc (CD) and the guiding books. The product which was generated from this research and development were compact disc (CD), which consist of interactive media about digestion system, exretion system, and human reproductive system. The second product was multimedia interactive guiding book. The conclusions from the research of this development were: 1) the development of interactive media in Biology Learning at XI IPA class of SMA was done using adobe flash, 2) the characteristics of the media which was developed was an interactive learning CD, completed by navigation buttons, media content such as text, audio, and video / animation, 3) to learn the material about digestive system, reproductive system and excretion system in humans, more effectively to improve student achievement, the average of formative test was 78,12 compared with other media which the average was 72,80, it was proved by two different unilateral average test with t count = 1,915 > t table = 1,664, mean that it refused nol hypothesis and accepted alternative hypothesis, stated that the average of formative test of the student which used alternative media higher than the average of formative student which used other media, and 4) interactive media which was developed, have an element of good attraction. Keywords: multimedia, interactive, biology
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | S.I.Kom. Endah Kurniasari |
Date Deposited: | 20 Jan 2014 05:32 |
Terakhir diubah: | 20 Jan 2014 05:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/557 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |