KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MITRA GO-CAR DENGAN KONSUMEN DALAM MEMPEROLEH REWARD (Studi pada Go-Car Bandar Lampung Universitas Lampung)

Andini Aprilia Fitriani, 1216031012 (2019) KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MITRA GO-CAR DENGAN KONSUMEN DALAM MEMPEROLEH REWARD (Studi pada Go-Car Bandar Lampung Universitas Lampung). Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2955Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1717Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

PT. Gojek Indonesia merupakan sebuah perusahaan swasta penyedia jasa berbasis teknologi yang berMitra dengan pengendara ojek yang ada di beberapa kota di Indonesia. Pada proses pelayanan yang diberikan Go-jek, komunikasi akan terjalin antara driver dan konsumen untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi antar pribadi Mitra Go-Car dalam meningkatkan reward dengan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah 5 Mitra Go-Car dan 5 konsumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya pola komunikasi antara Mitra dan konsumen. Terdapat lima kualitas umum efektifitas komunikasi antar pribadi yang dilakukan yaitu aspek keterbukaan, aspek empati, aspek sikap positif, aspek sikap mendukung, dan aspek kesetaraan yang diharapkan mendapatkan poin yang positif dari konsumen. Pada aspek keterbukaan didapatkan bahwa Mitra sudah sepenuhnya bersikap terbuka kepada para konsumen dengan cara yang berbedabeda, beberapa Mitra terlebih dahulu membaca situasi demi kenyamanan konsumen. Tetapi untuk beberapa Mitra tetap mengajak bicara seperlunya. Pada aspek empati didapatkan bahwa kelima Mitra sepakat menjawab melakukan interaksi dengan konsumen merupakan hal yang penting dalam meningkatkan performa. Melalui interaksi antara Mitra dan konsumen, sikap empati pun dapat tercipta antara keduannya. Pada aspek sikap positif didapatkan bahwa kelima Mitra memiliki cara berbeda-beda dalam menunjukan sikap positif mereka selain menunjukan sikap ramah dan sopan yang mereka lakukan. Pada aspek sikap mendukung baik Mitra maupun konsumen saling mendukung terkait dengan pelayanan dan reward yang diharapkan. Pada aspek kesetaraan tidak terjalin karena konsumen derajatnya lebih tinggi dari Mitra. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Antar Pribadi, reward PT. GOJEK Indonesia is private company providing technology-based services that partner with taxibike drivers in several cities in Indonesia. In the process of services provided by GOJEK, communication will be established between drivers and customers to improve the services quality. This study aims to determine the process of personal communication of Go-Car Partners in increasing reward to the costumers. This tyoe of research is qualitative-descriptive research. Informant in this research was 5 drivers and 5 customers. The techniques of data collection on this study are conducting interviews and observations. The result of this sudy is that the communication between drivers and customers forms patterns. There are five general qualities of effective interpersonal communication that is carried out, namely the aspects of openness, aspects of empathy, aspects of a positive attitude, aspects of attitude of support, and aspects of equality that are expected to get positive points from customers. In the aspect of openness, it is found that the Partners have been fully open to consumers in different ways, some Partners first read the situation for the convenience of consumers. But for some partners they still talk as necessary. In the empathy aspect it was found that the five Partners agreed to answer that interacting with consumers was important in improving performance. Through interactions between partners and consumers, empathy can also be created between the two. In the positive attitude aspect it was found that the five partners have different ways of showing their positive attitude besides showing the friendly and polite attitude they do. In the aspect of supportive attitude both partners and consumers support each other related to the expected service and reward. In the aspect of equality it is not intertwined because consumers have a higher degree than Partners. Keywords : Communication patterns, Interpersonal Communication, reward

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:43
Terakhir diubah: 24 Mar 2022 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55748

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir