PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM TEKS DRAMA SANG PRABU KARYA SAINI KOSIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Ambar Ayu Setiorani, 1513041054 (2019) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM TEKS DRAMA SANG PRABU KARYA SAINI KOSIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1375Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1237Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini ialah penguatan pendidikan karakter dalam teks drama Sang Prabu karya Saini Kosim dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA yang bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter di dalam teks drama tersebut. Berdasar pada tujuan penelitian, maka metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kajian isi. Sumber data penelitian berupa teks drama Sang Prabu karya Saini Kosim serta data berupa dialog tokoh dalam teks drama tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai integritas dalam teks drama Sang Prabu karya Saini Kosim lebih dominan dibanding nilai-nilai yang lain. Sedangkan, nilai nasionalis lebih sedikit ditemukan dalam teks drama tersebut. Adapun seluruh nilai-nilai penguatan pendidikan karekter yang terdapat dalam teks drama Sang Prabu, yaitu 1) religius, meliputi teguh pendirian, toleransi, serta kerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan; 2) nasionalis, meliputi rela berkorban; 3) mandiri, meliputi daya juang, keberanian, kerja keras, profesional, serta menjadi pe lajar sepanjang hayat; 4) gotong royong, meliputi empati, inklusif, serta tolong menolong; dan 5) integritas, meliputi tanggung jawab, menghargai martabat individu, keteladanan, komitmen moral, kejujuran, dan cinta pada kebenaran. Nilai-nilai karakter tersebut diimplikasikan sebagai bahan ajar di dalam kegiatan inti pada rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery/inquiry. Kompetensi dasar yang dipilih ialah 3.14 mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi), karena tujuan yang ada pada kompetensi dasar tersebut sepadan dan sejalan dengan bahan ajar teks drama yang digunakan. Kata kunci: penguatan pendidikan karakter, teks drama Sang Prabu, nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:49
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56075

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir