Muhammad Zikrie Somad, 1442011023 (2019) ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN JASA PENGIRIMAN PT.INDAH CARGO LOGISTICS TERHADAP KERUGIAN YANG DIALAMI PENGIRIM (Studi pada Jasa Pengiriman PT.Indah Cargo Logistics Kota Bandar Lampung). Fakultas Hukum, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1797Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1605Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
PT. Indah Cargo Logistics merupakan perusahaanjasaswasta yang bergerak dalam pengiriman barang. Usaha bidang jasa pengiriman barang merupakan salah satu bidang usaha yang memegang peranan penting sistem perekonomian, karena bidang jasa bertujuan untuk melayani kebutuhan dan keinginan seluruh masyarakat yang memerlukannya. Pertumbuhan sektor jasa yang semakin pesat menuntut perusahaan untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya. Selama proses pengiriman barang kadang tidak selalu berjalan dengan lancar, misalnya kemungkinan terjadi bencana, baik yang berasal dari alam, perbuatan manusia maupun sifat barang itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan syarat dan ketentuan perjanjian pengiriman barang, hak dan kewajiban para pihak dan tanggung jawab PT Indah Cargo Logistics dalam perjanjian pengiriman barang apabila terjadi kerusakan/kehilangan barang serta upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pengirim/pengguna jasa. Penelitian ini adalah penelitian normatif terapan dengan tipe penelitian deskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan normatif terapan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, tersier, kemudian analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasyarat dan ketentuan pengiriman barang dengan menggunakan resi pengiriman barang yang nantinya akan menjadi bukti pengiriman barang.Resi sendiri berisi namadan alamat yang jelas, benar dan terbaca agar barang dapat dikirim bisa sampai ketempat yang dituju. Setelah itu pihak PT Indah Cargo Logistics akan memproses pengiriman barang, kewajiban perusahaan PT Indah Cargo Logistics adalah menyiapkan barang yang akan dikirim dengan rapi, mengantarkan barang samapai ketempat yang dituju, dan melindungi barang agar tidak rusak dan hilang. Hak perusahaan adalah berhak mendapat keterangan mengenai sifat barang yang akan dikirim, menolak permintaan pengiriman barang yang terlarang atau tidak sah dan menerima biaya yang diperlukan dalam pengiriman.Tanggung jawab PT. Indah Cargo Logistics terhadap kehilangan atau kerusakan barang yaitu dengan cara menganti10 kali biaya pengiriman.Upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pengirim yang telah dirugikan atas kehilangan atau kerusakan barang adalah dengan mengajukan klaim melalui ketentuan yang telah ditetapkan oleh PT.Indah Cargo Logistics. Kata Kunci : Pengiriman Barang,Upaya Hukum PT. Indah Cargo Logistics is a private service company engaged in shipping goods. The business of freight forwarding is one of the business sectors that play an important role in the economic system, because the service sector aims to serve the needs and desires of all the people who need it. The rapid growth of the service sector requires companies to always improve the quality of their services. During the process of shipping goods sometimes it does not always run smoothly, for example the possibility of a disaster, both from nature, human actions and the nature of the goods themselves. This study aims to describe the terms and conditions of the goods delivery agreement, the rights and obligations of the parties and PT Indah Cargo Logistics's responsibility in the goods delivery agreement in the event of damage / loss of goods and legal remedies that can be taken by the sender / service user. This research is applied normative research with descriptive research type. The approach to the problem used is a normative research approach. The data used are primary and secondary data consisting of primary, secondary, tertiary legal materials, then the data analysis is done qualitatively. The results of the study indicate that the terms and coditions for shipping goods using a receipt of goods delivery will later become proof of the delivery of goods. The receipt itself contains a clear, correct and legible name and address so that the goods can be sent to the destination. After that PT Indah Cargo Logistics will process the shipping of goods, the obligation of PT Indah Cargo Logistics company is to prepare goods to be sent neatly, deliver the goods to the destination, and protect the goods from being damaged and lost. The right of the company is entitled to obtain information about the nature of the goods to be sent, reject the request for the delivery of prohibited or illegal goods and accept the fees required for shipping. The responsibility of PT. Indah Cargo Logistics for loss or damage to goods by replacing 10 times the shipping cost. Legal remedies that can be taken by the sender who has been harmed for the loss or damage of the goods is to submit a claim through the conditions set by the PT. Beautiful Cargo Logistics. Keywords: Goods Delivery, Legal Efforts
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | UPT . Digilib6 |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 15:30 |
Terakhir diubah: | 24 Mar 2022 15:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56091 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |