ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS SEPANJANG JALAN Z.A. PAGAR ALAM DENGAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (Studi kasus segmen Universitas Lampung sampai dengan Mall Boemi Kedaton)

SHARTYKA NOVITASARI, 1215011101 (2019) ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS SEPANJANG JALAN Z.A. PAGAR ALAM DENGAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (Studi kasus segmen Universitas Lampung sampai dengan Mall Boemi Kedaton). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (606Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (505Kb) | Preview

Abstrak

Road facilities aim to accommodate the existing traffic volumes. The designing is also adjusted to traffic characteristic. However, in fact, the comfort level has not meet the requirements of the guide book. This problem is indicated by the slowing down of passing vehichles, the long traffic jam that makes road capacity along the research road, analyze the level of service category based on the road density, predict the time traveled of the traffic which then being accommodated by types of road, degree of saturnation and speed allowed. Based on the data analysis, the highest traffic jam for traffic volume is in purnawirawan, then after the analysis throught the traffic volume counted by the capacity, the highess road density is in University of Lampung, the underpass project for the degree of saturnation analisys is compared with the on the spot real time date. And the result is the highest traffic jam in underpass project University of Lampung which the real time distance traveled is more density than the distance allowed. In conclusion, we need review the geometric design of road, because the geometric design of road is really affect the traffic jam. And we have to re- announced about public transportation, so the vechiles volumewill be desreaswd. keywords : traffic volumes. Degree of saturnation, speed, road capacity. Fasilitas Jalan bertujuan membantumengakomodasi volume lalu lintas yang ada. Dalam perencanaannya juga disesuaikan dengan karakteristik arus lalu lintas. Namun, dalam kenyataannya tingkat kenyamanan jalan belum memenuhi syarat yang disyaratkan dalam beberapa buku panduan. Hal tersebut ditandai dengan melambatnya laju kendaraan yang melintas, kemacetan yang cukup panjang yang menimbulkan kepadatan. Dalam penelitian ini, disimulasikan untuk membandingkan volume kendaraan dan kapasitas jalan yang ditinjau, Menganalisis katagori tingkat layan jalan (LevelofService) berdasarkan tingkat kepadatan pada ruas jalan tersebut, Memperkirakan waktu tempuh arus lalu lintas yang didapat kemudian ditampung oleh berbagai tipe jalan dalam batas Derajat kejenuhan atau Degreeof Saturation (DS) dan kecepatan yang diijinkan. Dari hasil pengumpulan dan analisis data yang didapat untuk volume lalu lintas tingkat kemacetan tertinggi berada pada titik/ lokasi Purnawirawan, kemudian setelah analisis melalui volume lalu lintas kemudian dihitung menggunakan kapasitas, diperoleh kepadatan kendaraan berada di titik / lokasi Universitas Lampung saat pembangunan underpass untuk batas Derajat kejenuhan atau Degreeof Saturation (DS). Setelah hasil pengumpulan dan analisi data didapat, kemudian di compare derngan antara waktu yang didapat dengan data real pada lapangan. Dan didapatkan hasil compare kemacetan terparah berada di Universitas Lampung saat pembangunan underpass dimana hasil batas tempuh waktu real lebih padat di bandingkan dengan waktu ijin. Dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu adanya peninjauan kembali mengenai penyusunan letak geometri jalan raya karna tata letak geometri jalan raya juga sangat mempengaruhi kemacetan yang ditimbulkan dan alternatif transportasi umum yang perlu digalakan kembali untuk mengurangi volume kendaraan. Kata kunci : volume lalu lintas,Derajat kejenuhan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:03
Terakhir diubah: 29 Mar 2022 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56328

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir