ERYSHA AULIA YULISTAMA, 1542011072 (2019) FUNGSI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KEDATON DALAM PENYULUHAN PERPAJAKAN TERHADAP PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK. FAKULTAS HUKUM , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (443Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (444Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Upaya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah dengan penyuluhan perpajakan dengan dasar hukum yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206.2/PMK.01/ 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak. Permasalahan penelitian: (1) Bagaimanakah fungsi KPP Pratama Kedaton dalam penyuluhan perpajakan terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak? (2) Apakah faktor-faktor yang menjadi penghambat fungsi KPP Pratama Kedaton dalam penyuluhan perpajakan terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak? Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan hukum normatif dan empiris. Jenis data terdiri dari data sekunder dan data primer yang dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah dari KPP Pratama Kedaton. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Fungsi KPP Pratama Kedaton dalam penyuluhan perpajakan terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak dilaksanakan dengan berbagai kegiatan penyuluhan perpajakan baik kepada calon wajib pajak maupun kepada wajib pajak yang sudah terdata pada KPP Pratama Kedaton dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan wajib pajak terhadap kewajiban perpajakannya. Penyuluhan perpajakan tersebut dilaksanakan oleh Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Perpajakan pada KPP Pratama Kedaton dengan menyampaikan materi tentang dasar-dasar perpajakan bagi calon wajib pajak dan perkembangan mengenai perpajakan bagi wajib pajak. (2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat fungsi KPP Pratama Kedaton dalam penyuluhan perpajakan terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak adalah masih rendahnya kesadaran wajib pajak atas utang pajaknya atau dalam membayar pajak dan belum optimalnya pelaksanaan penyuluhan perpajakan. Saran dalam penelitian ini adalah KPP Pratama Kedaton agar meningkatkan motivasi pegawai dan lebih aktif dalam melakukan penyuluhan sampai ke kelurahan- kelurahan di Kota Bandar Lampung agar hasilnya lebih mengena pada masyarakat. Kata Kunci: Fungsi, KPP Pratama, Penyuluhan Perpajakan, Kepatuhan The efforts of the Primary Tax Service in improving taxpayer compliance are with taxation Extention on a legal basis, namely the Minister of Finance Regulation Number 206.2/PMK.01/2014 concerning the Organization and Work Procedures of the Directorate General of Tax Vertical Agencies. Research problems: (1) What is the function of Primary Tax Office of Kedaton in tax Extention on increasing tax compliance? (2) What are the factors that impede the function of Primary Tax Office of Kedaton in tax Extention on increasing tax compliance? The problem approach used is normative and empirical legal approaches. The type of data consists of secondary data and primary data collected by interviews and documentation. The research informants were from Primary Tax Office of Kedaton. Data analysis using qualitative analysis. The results of this study indicate: (1) The function of Primary Tax Office of Kedaton in tax Extention on increasing taxpayer compliance is carried out with various tax extension activities both to prospective taxpayers and to taxpayers who have been recorded at the Kedaton Primary Tax Office in order to increase knowledge and tax compliance taxation obligations. Tax extension is carried out by the Tax Extensification and Extension Section at Primary Tax Office of Kedaton by delivering material on the basics of taxation for prospective taxpayers and developments regarding taxation for taxpayers. (2) The factors that inhibit the function of Primary Tax Office of Kedaton in tax Extention on increasing taxpayer compliance are the low awareness of taxpayers on their tax debt or in paying taxes and the implementation of tax Extention is not optimal. Suggestions in this study are Primary Tax Office of Kedaton in order to increase employee motivation and be more active in conducting Extention to the villages in Bandar Lampung City so that the results are more striking to the community. Keywords: Functions, Primary Tax Office, Tax Extention, Compliance
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Mar 2022 12:39 |
Terakhir diubah: | 26 Mar 2022 12:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56411 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |