PENGARUH DOSIS VAKSIN NEW CASTLE DISEASE (ND) TERHADAP TITER ANTI BODI DAN JUMLAH SEL DARAH PUTIH BURUNG PUYUH (COTURNIX COTURNIX JAPONICA)

Agus triawan, 1414141006 (2019) PENGARUH DOSIS VAKSIN NEW CASTLE DISEASE (ND) TERHADAP TITER ANTI BODI DAN JUMLAH SEL DARAH PUTIH BURUNG PUYUH (COTURNIX COTURNIX JAPONICA). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2659Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2612Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh dosis vaksin new castle disease (ND) inaktif terhadap titer antibodi dan jumlah sel darah putih (SDP) pada burung puyuh; 2) tingkat dosis vaksin new castle disease (ND) inaktif terbaik terhadap titer anti-bodi dan jumlah sel darah putih burung puyuh (SDP) Penelitian ini dilaksanakan pada November 2018 sampai Januari 2019, bertempat di kandang Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, pemeriksaan titer antibodi dilaksanakan di Balai Veteriner Lampung. Analisis sel darah putih (SDP) dilaksanakan di Laboratorium Klinik Pramitra Biolab Indonesia. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan (P0: Kontrol, P1:vaksin ND 0,1 ml, P2: 0,15 ml, P3: 0,2 ml, dan P4:0,25 ml. Perlakuan diberikan pada burung puyuh umur 6 hari dengan jenis vaksin Newcastle Disease (ND) inaktif. Sel darah putih diuji menggunakan alat mindray sedangkan titer antibodi diuji menggunakan HI test. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian dosis vaksin ND inaktif tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap titer antibodi dan jumlah sel darah putih burung puyuh. Kata kunci: Dosis, vaksin ND, titer antibodi, sel darah putih, burung puyuh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 590 Ilmu hewan (zoologi)
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Peternakan
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 26 Mar 2022 12:33
Terakhir diubah: 26 Mar 2022 12:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56418

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir