PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN VIDEO SLIDE SHOW KELAS XI TAHUN AJARAN 2018/2019

Lenny Rahmawati, 1513041029 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN VIDEO SLIDE SHOW KELAS XI TAHUN AJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1741Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1380Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media pembelajaran teks cerpen dengan Video Slide show untuk siswa kelas XI SMK dan mengetahui kelayakan nya sebagai media pembelajaran di sekolah. Media dalam penelitian ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara klasikal maupun mandiri dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Brog dan Gall yang disederhanakan hanya pada batas uji validitas ahli dan revisi produk. Kelima langkah tersebut adalah (1) analisis kebutuhan; (2) desain produk;(3) produksi; (4) pemantapan; dan (5) uji validitas dan revisi. Pengambilan data dilakukan dengan validitas ahli materi, ahli media dan guru bahasa indonesia Lenny Rahmawati tingkat SMA. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa angket. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan konversi skala 4. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah perangkat multimedia pembelajaran dalam bentuk CD yang berisi doc, dan mp4 yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran. Validitas ahli materi terhadap aspek pembelajaran dan aspek isi diperoleh skor rata-rata 3,00, dan rerata presentase 71,36%, dengan kategori layak. Hasil validasi ahli media terhadap aspek tampilan, pemrograman, dan peran media diperoleh skor rata-rata 3,21, dan retata presentase 80,25 dengan kategori sangat layak. Hasil validasi guru bahasa Indonesia terhadap aspek pembelajaran, isi, tampilan, pemrograman, dan peran media diperoleh skor rata-rata 3,77, dan rerata presentase 94,34% dengan kategori sangat layak. Kata kunci: media pembelajaran interaktif, teks cerita pendek, siswa SMK

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 26 Mar 2022 12:37
Terakhir diubah: 26 Mar 2022 12:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56453

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir