IMAJI PADA KUMPULAN PUISI KITA HANYA POHON KARYA ISBEDY STIAWAN ZS DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA UNTUK SISWA DI SMP

Mat Desman, 1513041029 (2019) IMAJI PADA KUMPULAN PUISI KITA HANYA POHON KARYA ISBEDY STIAWAN ZS DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA UNTUK SISWA DI SMP. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2452Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2367Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah imaji pada kumpulan puisi Kita Hanya Pohon karya Isbedy Stiawan ZS dan rancangan pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imaji yang terdapat pada kumpulan puisi Kita Hanya Pohon karya Isbedy Stiawan ZS dan rancangan pembelajaran sastra di sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berupa kumpulan puisi Kita Hanya Pohon karya Isbedy Stiawan ZS yang diterbitkan CV Anugrah Utama Raharja (AURA) pada bulan Mei 2016. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan puisi tersebut menggunakan semua jenis imaji. Semua jenis imaji yang peneliti temukan adalah imaji penglihatan, imaji pendengaran, imaji rabaan, imaji gerak, imaji penciuman, dan imaji rasaan/pencecapan. Imaji yang sering digunakan yakni imaji visual, sedangkan imaji yang jarang digunakan imaji penciuman. Dalam puisi ini digambarkan semua imaji yang digunakan dalam puisi Kita Hanya Pohon dapat mengalami peristiwa-peristiwa yang dialami penyair melalui puisi tersebut. Hasil penelitian ini kemudian dijadikan rancangan pembelajaran sastra untuk siswa SMP dengan KD 3.7 menganalisis isi dan kebahasaan puisi dan KD. 4.7 merancang puisi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan Kata kunci: imaji, puisi, pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 26 Mar 2022 12:37
Terakhir diubah: 26 Mar 2022 12:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56457

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir