Nida Amaliya, 1513041058 (2019) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS DRAMA FAJAR SIDDIQ KARYA EMIL SANOSSA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1731Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1512Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini ialah penguatan pendidikan karakter dalam teks drama Fajar Siddiq karya Emil Sanossa dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilainilai pendidikan karakter dalam teks drama Fajar Siddiq karya Emil Sanossa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ialah teks drama Fajar Siddiq karya Emil Sanossa. Data penelitian ini ialah nilainilai pendidikan karakter yang terkandung dalam teks drama tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam teks drama Fajar Siddiq terdapat nilai pendidikan karakter 1) religius, meliputi berdoa kepada Tuhan, ikhlas, teguh pendirian, syukur, dan cinta damai; 2) nasionalis, meliputi rela berkorban, cinta tanah air, taat hukum, dan ikut serta mempertahankan persatuan dan kesatuan xvii bangsa; 3) mandiri, meliputi profesional, berani, dan selalu berpikir positif; 4) gotong royong, meliputi menghargai, musyawarah mufakat, enpati, dan sikap kerelawanan; dan 5) integritas, meliputi tanggung jawab sebagai warga negara, dan cinta pada kebenaran. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran SMA kelas XI pada KD 3. 8 mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Implikasi ini dapat dilihat dalam bentuk bahan ajar pada bagian kegiatan inti dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kata Kunci : teks drama, penguatan pendidikan karakter, nilai karakter
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 03:05 |
Terakhir diubah: | 29 Mar 2022 03:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56469 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |