BONA P. GULTOM, 1415011033 (2019) Pengaruh Bukaan (U-Turn) di Ruas Jalan Za. Pagar Alam Terhadap Kinerja Lalu-Lintas (Studi Kasus U-Turn Di Depan Wisma Bandar Lampung). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (2120Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2119Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2120Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan Penduduk di Kota Bandar Lampung dan permintaa akan kendaraan dari tahun ke tahun semakin meningkat seperti kendaraan pribadi, angkutan umum, bus dan lainnya. Hal tersebut berdampak pada perkembangan sarana dan prasarana transportasi yang memfasilitasi pergerakan yang terjadi di ruas jalan Zainal Abidin Pagar Alam. Salah satu sarana yang terdapat di jalan Z.A Pagar Alam yaitu Bukaan Median (U-Turn) yang berfungsi untuk merubah arah dengan melakukan putar balik 180o . Salah satu pengaruh dari gerakan U-Turn adalah melambat atau berhentinya kendaraan. Hal tersebut akan mempengaruhi pergerakan kendaraan lain yang terdapat pada jalan utama. Selain itu banyak juga terdapat kasus dimana kendaraan tidak dapat berputar langsung karena radius perpuran tidak cukup. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Bukaan Median (U- Turn) terhadap kinerja lalu lintas yang ada di jalan Z.A Pagar Alam dengan Metode Gap Acceptance. Pemakaian Metode Gap Acceptance akan mendapatkan nilai Panjang Antrian, nilai Gap dan Waktu Tunggu (Follow Up Time). Berdasarkan analisis dan perhitungan yang telah dilakukan pada Bukaan Median (U-Turn) di depan Wisma Bandar Lampung dapat disimpulkan bahwa pengaruh U-Turn pada hari Senin pagi dari Tanjung Karang menuju Rajabasa dan sebaliknya merupakan pengaruh terbesar terhadap kinerja lalu-lintas dimana gap yang terjadi sebanyak 439 kendaraan dan antrian akibat gap sebanyak 899 kendaraan, follow up time yang terjadi sebanyak 309 kendaraan dan antrian akibat follow up time sebanyak 1449 kendaraan. Kata Kunci : U-Turn, Gap Acceptance, Follow Up Time, Antrian Kendaraan Development of population in Bandar Lampung City and the demand for vehicles from year to year was increasing, such as private vehicles, public transportation, buses and others. This had an impact on the development of facilities and infrastructure of transportation which facilitated the movement occurring on the Zainal Abidin Pagar Alam road section. One of the facilities found on Z.A Pagar Alam road is the Median Opening (U-Turn) which changed direction by turning 180°. One of the effects of the U-Turn movement was going slowly or stopping vehicles. This would affect the movement of other vehicles on the main road. In addition, there were also many cases where the vehicle couldn’t rotate directly because of less radius of rotation. The purpose of this study was to determine the effect of the Median Opening (U- Turn) on the traffic performance at Z.A Pagar Alam road with the Gap Acceptance Method. The use of the Gap Acceptance Method would get the Queue Length value, Gap value and Wait Time (Follow Up Time). Based on the analysis and calculations carried out at the Median Opening (U- Turn) in front of Wisma Bandar Lampung, it could be concluded that the effect of the U-Turn on Monday morning from Tanjung Karang to Rajabasa and vice versa was the biggest effect on traffic performance where the gap was 439 vehicles and queue due to a gap was 899 vehicles, follow-up times was 309 vehicles and queue due to follow-up time was 1449 vehicles. Keywords : U-Turn, Gap Acceptance, Follow Up Time, Vehicle Queue
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 06:19 |
Terakhir diubah: | 30 Mar 2022 06:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56863 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |