INDRA ADITAMA, 0815031064 (2013) PERANCANGAN TAPIS PASIF (SINGLE TUNED FILTER) UNTUK MEREDUKSI HARMONISA ARUS AKIBAT PEMAKAIAN BEBAN NON LINIER DI TRANSFORMATOR PEMAKAIAN SENDIRI PLTU TARAHAN. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
03. ABSTRAK.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
04. Cover Dalam.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
05. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (446Kb) | Preview |
|
|
File PDF
06. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (382Kb) | Preview |
|
|
File PDF
07. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
08. Riwayat Hidup.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
09. MOTTO.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Persembahan.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR ISI.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (146Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Sebagai salah satu pembangkit listrik terbesar di Sumbagsel, PLTU Tarahan mempunyai beban pemakaian sendiri yang bervariasi. Beban-beban ini merupakan beban non linier yang menyebabkan timbulnya distorsi harmonisa. Distorsi harmonisa menyebabkan gelombang arus dan tegangan sistem menjadi tidak sinusoidal serta memiliki efek negatif terhadap kinerja peralatan listrik. Salah satu contohnya adalah peralatan elektronik dan transformator menjadi lebih cepat panas. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan harmonisa yang terjadi dalam tugas akhir ini digunakan tapis pasif jenis single tuned filter. Pemilihan jenis tapis ini didasarkan pada karakteristik arus harmonik beban hasil pengukuran. Penyelesaian permasalahan dalam tugas akhir ini dibatasi hanya untuk orde harmonik yang paling dominan yaitu, orde ke-5 dan orde ke-7 pada bus beban LP (Lampu Penerangan), AC (Air Conditioner) dan Lift. Hasil simulasi menunjukan pemasangan single tuned filter ini efektif untuk meredam arus harmonisa serta memperbaiki faktor daya. Sehingga setelah pemasangan tapis arus harmonisa pada bus beban LP turun dari 39,00% menjadi 12,30%, bus beban AC turun dari 15,26% menjadi 8,60%, bus beban Lift turun dari 25,16% menjadi 19,52% dan bus beban total turun dari 16,05% menjadi 3,92%. Kata kunci: Distorsi Harmonisa, Single Tuned Filter, Faktor Daya.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Dec 2014 04:33 |
Terakhir diubah: | 16 Apr 2015 06:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5707 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |