STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT), SNOWBALL THROWING (ST), DAN TALKING STICK (TS) PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PESISIR TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Putri Lestari Mangunang, 1513031032 (2019) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT), SNOWBALL THROWING (ST), DAN TALKING STICK (TS) PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PESISIR TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2491Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2318Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT), Snowball Throwing (ST), Talking Stick (TS). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Tengah pada semester genaptahun pelajaran 2018/2019. Populasi tersebut terdiri dari 11 kelas sebanyak 376 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah 25 siswa, kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 25 orang dan kelas X IPS 3 sebagai kelas pembanding dengan jumlah 25 orang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians satu jalan dan uji lanjut tukey dan benferroni. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT), Snowball Throwing (ST) dan Talking Stick (TS). (2) Hasil belajar siswa yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (ST). (3) Hasil belajar siswa yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick (TS). (4) Hasil belajar siswa yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (ST) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick (TS). Kata Kunci : ekonomi, hasil belajar, nht, st, ts This study aims to compare the results of economic learning between students who were taught using the Number Head Together (NHT) learning model, Snowball Throwing (ST), and Talking Stick (TS). The method used is a quasiexperimental method. The study population was grade X students of Middle Coast 1 Middle School in the semester of the 2018/2019 school year. The population consisted of 11 classes as many as 376 students. Sampling is done by Cluster Random Sampling technique. Obtained class X IPS 1 as experimental class 1 with a total of 25 students, class X IPS 2 as experimental class 2 with a total of 25 people and class X IPS 3 as a comparison class with a total of 25 people. Hypothesis testing uses a one-way analysis variant and tukey and benferroni further tests. The results showed: (1) There was a difference in the average student learning outcomes between those learning using cooperative learning models Number Head Together (NHT), Snowball Throwing (ST) and Talking Stick (TS). (2) Learning outcomes of students who are learning using the Number Head Together (NHT) cooperative learning model are higher than that of the Snowball Throwing (ST) type of cooperative learning model. (3) Learning outcomes of students who are learning using the cooperative learning model Number Head Together (NHT) type higher than the cooperative learning type Talking Stick (TS) model. (4) The learning outcomes of students who learn using the Snowball Throwing (ST) type of cooperative learning model are higher than the cooperative learning type Talking Stick (TS) model. Kata Kunci : economy, learning outcomes, nht, st, ts.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:56
Terakhir diubah: 01 Apr 2022 08:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57255

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir