PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Selly Septi Pertama, 1513034001 (2019) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3428Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2924Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adanya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, dan (2) Pengaruh aktivitas belajar kelompok melalui model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI dan sampel penelitian yakni peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Data yang diperoleh berupa nilai hasil belajar dan data aktivitas pembelajaran peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji linear sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri pada hasil belajar kelas XI IPS 1 pada hasil pretest yaitu dengan rata-rata hasil belajar 84,66 sedangkan pada XI IPS 2 rata-rata hasil belajar 60,93 (2) Ada pengaruh aktivitas belajar kelompok melalui model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menggunakan model inkuiri terdapat 25 orang yang aktif sementara kelas kontrol hanya 19 orang. Penelitian menunjukkan semakin tinggi aktivitas belajar maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh. Kata Kunci: aktivitas belajar, model inkuiri, hasil belajar. The research was to find out about (1) the difference in learning outcomes of experimental class students who use the inquiry learning model with the learning outcomes of control class students who use conventional learning models on Geography subjects in senior hight school 13 Bandar Lampung, and (2) Effect of activity group learning through inquiry learning models on the learning outcomes of experimental class students on geographic subjects at senior hight school 13 Bandar Lampung. This research is a quasi experiment. The study population was class XI students and research samples, namely students of class XI IPS 1 and XI IPS 2 at senior hight school 13 Bandar Lampung. Data obtained in the form of learning outcomes and learning activities data of students. Data analysis techniques used a simple linear test and t-test. The results showed (1) the influence of the use of the inquiry learning model on the learning outcomes of the XI IPS 1 class on the results of the pretest which was 84.66 while the XI IPS 2 learning outcomes averaged 60.93 (2) There was influence group learning activities through the inquiry learning model of the learning outcomes of the experimental class students using the inquiry model there were 25 people who were active while the control class was only 19 people. Research shows that the higher learning activities, the higher the learning outcomes obtained. Keywords: learning activities, inquiry models, learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:24
Terakhir diubah: 04 Apr 2022 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57502

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir