PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Eka Nurrohmah, 1413024030 (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK(1).pdf

Download (131Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3999Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BEB PEMBAHASAN.pdf

Download (2887Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh yang positif pada model PjBL terhadap self-efficacy peserta didik dan signifikansi pengaruh model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol yang dicuplik dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Data kualitatif diperoleh dari data skala self-efficacy dan produk kreatif. Sedangkan, data kuantitatif diperoleh dari data pretes-postes. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-tes dengan taraf signifikasi 5%. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL berpengaruh positif terhadap self-efficacy peserta didik yang dapat dilihat dari rata-rata persentase self-efficacy peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil skala self-efficacy diperoleh rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 77,11% dengan kriteria “tinggi”. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 70,03% dengan kriteria “sedang”. Model PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang dapat dilihat dari hasil uji-t pada rata-rata nilai N-Gain di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sig. (2- tailed) 0,02 < 0,05. Selain itu, juga dapat dilihat dari hasil penilaian produk kreatif diperoleh rata-rata persentase sebesar 70,14% dengan kriteria “kreatif”. Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Model PjBL, Self-efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:51
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57505

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir