PENGARUH KEMAMPUAN ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA N 1 TERBANGGI BESAR TAHUN AJARAN 2018/2019

JULIUS SIAHAAN, 1513034010 (2019) PENGARUH KEMAMPUAN ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA N 1 TERBANGGI BESAR TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (246Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2984Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This research aimed to find out and analyze difference in learning outcomes based on the level of argumentation ability before and after being treated using arguments skill with problem based learning model and find out and analyse the effect of argumentation skills using a problem based learning model on geography learning outcomes. This research was quasi experimental and the design was one group pretest-posttest design. The subject of this research is student class XI IPS 5 of senior high school and abject is argumentation skills of using problem based learning model. Data collecting technique of this research were test,questionnaire, documentation and observasion. Data analysis in the research was t-test to find out difference average of geography learning outcome and regression moderate analyse to find out the influence. The results of the research are (1) there is the average’s differences of learning outcome before and after being treatment (2) there is an influence of argumentation skills on learning outcomes by 65% and variable problem based learning strengthen or increase the influence of argumentation skills on learning outcomes reaching 74%. Keyword : Learning Outcome, Problem Based Learning, Argumentation Skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan hasil belajar berdasarkan tingkat kemampuan argumentasi sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan argumentasi dengan model problem based learning dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan argumentasi menggunakan model problem based learning terhadap hasil belajar geografi. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desaian one group pretest�posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 dan objek penelitian ini adalah kemampuan argumentasi menggunakan model problem based learning. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes, kuesioner, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar geografi dan regresi linier dengan moderasi untuk mengetahui pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar geografi antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, (2) terdapat pengaruh kemampuan argumentasi terhadap hasil belajar sebesar 65% dan variabel model problem based learning memperkuat atau meningkatkan pengaruh kemampuan argumentasi terhadap hasil belajar mencapai 74%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Kemampuan Argumentasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:29
Terakhir diubah: 04 Apr 2022 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57584

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir