DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-2 SMP Global Madani Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

DETA MARLITA, 1513021062 (2019) DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-2 SMP Global Madani Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2544Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2546Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII-2 SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian dipilih secara purposif dengan mempertimbangkan kemampuan matematis siswa. Kemudian, berdasarkan nilai UTS siswa, observasi pendahuluan, dan informasi yang diperoleh dari guru mata pelajaran di kelas tersebut, dipilih 9 siswa sebagai subjek penelitian yang terdiri dari tiga siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan analisis data melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa: (1) Percakapan kritis matematis siswa yang terjadi dalam pembelajaran Socrates saintifik lebih dominan memunculkan indikator kemampuan berpikir kritis siswa yaitu interpretasi dan analisis, (2) Percakapan kritis matematis siswa lebih sering muncul saat guru mengajukan pertanyaan Socrates tipe klarifikasi dan alasan- alasan dan bukti penyelidikan, (3) Percakapan kritis matematis siswa lebih dominan muncul saat siswa melakukan tahapan saintifik yaitu menalar dan mengomunikasikan. Kata kunci: Metode Socrates, Pendekatan Saintifik, Percakapan Kritis Matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:58
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57589

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir