PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MOMOKING (MONOPOLY OF THE ISLAMIC KINGDOM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAS AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ATIKA FIRDAYANTI, 1513033029 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MOMOKING (MONOPOLY OF THE ISLAMIC KINGDOM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAS AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2366Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1809Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media pembelajaran sejarah di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung masih menggunakan power point sebagai media pembelajarannya dan guru terkadang menampilkan sebuah video yang bertujuan untuk merangsang pemikiran siswa sebelum pelajaran dimulai. Mayoritas siswa kurangnya kesadaran dan minat terhadap Mata Pelajaran Sejarah dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah media pembelajaran yang monoton seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dengan adanya beberapa faktor tersebut hasil belajar tergolong rendah dengan nilai tertinggi adalah 75 dan terendah adalah 65 dengan skor nilai akhir rata-rata 70 (Enam Puluh Delapan) pada materi pembelajaran Kerajaan Hindu Budha. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media monopoli dan mengetahui sejauh mana efektivitas media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan yang diadaptasi dan di modifikasi Thiagarajan dengan langklah kerja dalam penelitian ini meliputi : 1) Define (Pendefinisian) 2) Design (Perancangan) 3) Develop (Pengembangan) 4) Disseminate (Penyebaran). Uji efektifitas produk dilakukan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dengan metode eksperimen dengan kelas X IPS 3 dipilih sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis hasil uji efektifitas, hasil post test kelas eksperimen yang menggunakan media MOMOKING (Monopoli Of The Islamic Kingdom) pada 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setalah diberi perlakuan. Rata-rata skor nilai kelas eksperimen 88,14 dan kelas kontrol 81,11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran MOMOKING (Monopoli Of The Islamic Kingdom) pada mata pelajaran Sejarah dalam materi Kerajaan Islam di Indonesia efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pengembangan Media, MOMOKING (Monopoli Of The Islamic Kingdom)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:50
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57593

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir