AUGMENTED REALITY FURNITURE DENGAN HOME-VIEW BERDASARKAN KATALOG BERBASIS ANDROID

YUDISTIRA FAZRI, 1417051155 (2019) AUGMENTED REALITY FURNITURE DENGAN HOME-VIEW BERDASARKAN KATALOG BERBASIS ANDROID. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Furniture catalogs display items statically in 2-dimensional form only. Buyers often want to observe furniture in a real room. Home-View application in this study can display 3D furniture objects as they want. Home-View App has been developed with Augmented Reality technology. Application is developed using the Vuforia SDK library and User Defined Target (UDT) method in the Unity3D software. UDT is utilized to display 3D furniture on a target like magazine and book covers. Home- View application has two menus namely Marker Katalog and HomeView. Marker Katalog serves as a method to view 3D furniture in a small form in the furniture catalog. HomeView serves as a way to view 3D furniture in the desired room. This application has a positioning feature on the x and y axis and rotating feature on the z axis. The application can run by displaying 3D furniture to its actual size at the HomeView menu and successfully displaying 3D furniture as listed on the catalog at the Marker Katalog menu. Keywords: augmented reality, furniture, user defined target, android. Katalog furniture hanya menampilkan barang-barang dalam bentuk 2 dimensi yang statis. Pembeli seringkali ingin melihat furniture yang dapat ditempatkan pada ruangan yang diinginkan. Aplikasi Home-View dalam penelitian ini dapat menampilkan objek furniture 3D yang dapat diatur lokasinya didalam ruangan secara aktual. Aplikasi Home-View telah dikembangkan dengan teknologi Augmented Reality. Pengembangan aplikasi menggunakan library Vuforia SDK dengan metode User Defined Target (UDT) pada software Unity3D. UDT digunakan agar aplikasi dapat menampilkan 3D furniture menggunakan gambar yang diinginkan pengguna sebagai target seperti sampul majalah atau buku. Aplikasi Home-View memiliki dua menu yaitu Marker Katalog dan HomeView. Marker Katalog berfungsi untuk melihat 3D furniture dalam bentuk kecil pada katalog furniture. HomeView berfungsi untuk melihat 3D furniture didalam ruangan yang aktual. Aplikasi ini memiliki fitur positioning terhadap sumbu x dan y dan fitur rotate terhadap sumbu z. Aplikasi dapat berjalan dengan menampilkan 3D furniture sesuai ukuran aslinya pada menu HomeView dan berhasil menampilkan 3D furniture sesuai dengan furniture yang ada pada katalog pada menu Marker Katalog. Kata Kunci: augmented reality, furniture, user defined target, android.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:34
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 01:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57735

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir