NOVITA SUPARMI, 1513033010 (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKADANA LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2988Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1504Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sukadana, dapat diketahui bahwa kemampuan kognitif siswa masih tergolong rendah dikarenakan selama ini proses pembelajaran IPS yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sukadana hanya berpusat kepada guru, sehingga siswa mudah lupa dengan materi yang sudah diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). SPPKB merupakan suatu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan gagasan-gagasan dan ide-ide melalui kemampuan berbahasa secara verbal, yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap kemampuan kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Negeri 2 Sukadana Lampung Timur Tahun Ajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap kemampuan kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukadana Lampung Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya Pre- Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa setiap penambahan 1% nilai SPPKB tersebut maka nilai kognitif bertambah 0,408x. Koefisien tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif. Kata Kunci: Kognitif, Pengaruh, SPPKB
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 03:32 |
Terakhir diubah: | 05 Apr 2022 03:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57835 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |