PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kotaagung Tahun Pelajaran 2018/2019)

TRI PUJIASIH, 1513024008 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kotaagung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3433Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3268Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning pada materi interaksi mahluk hidup terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kotaagung. Sampel terdiri dari 64 siswa kelas VII I dan VII J pada tahun ajaran 2018/2019 yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal PISA 2006 diadaptasi dan dikembangkan penulis, angket tanggapan siswa dan angket pendidik. Data kuantitatif berupa peningkatan kemampuan literasi sains siswa diperoleh dari jawaban siswa pada soal PISA 2006 dianalisis dengan perhitungan skor dan diinterpretasikan kedalam tabel dan grafik kriteria. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan peserta didik pada model Discovery Leaning berupa angket dijawab peserta didik kemudian dianalisis dengan menghitung persentase dan diinterpretasikan ke dalam tabel kriteria. Hasil analisis menunjukkan pengaruh model Discovery Learning terhadap iii kemampuan literasi sains siswa meningkat sangat baik dengan skor rerata N-gain aspek konten pada eksperimen 0,38 sedangkan kontrol 0,21. Pada aspek proses rerata yang diperoleh yaitu eksperimen 0,40 sedangkan kontrol 0,24. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik lebih baik daripada dengan menerapkan model pembelajaran diskusi. Kata kunci : discovery learning, diskusi, literasi sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:24
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57905

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir