UMU SULAIM MASLUHA, 1513024063 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DAN GENDER TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI POKOK PERUBAHAN IKLIM DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran ADI terhadap keterampilan argumentasi siswa; signifikansi pengaruh perbedaan gender terhadap keterampilan argumentasi siswa; dan signifikansi pengaruh interaksi antara model pembelajaran ADI dengan gender terhadap keterampilan argumentasi siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Unit perlakuan yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Faktor pertama adalah model pembelajaran (ADI dan inkuiri terbimbing) dan faktor kedua adalah gender (laki-laki dan perempuan). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 20 Bandar Lampung yang berjumlah 330 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII G yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling sejumlah 64 siswa. Jenis data kuantitatif berupa data keterampilan argumentasi siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Sementara itu, data kualitatif berupa hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan hasil analisis angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis secara statistik dengan uji ankova pada taraf nyata 5%. Uji lanjut dilakukan terhadap nilai pretes dan postes, yaitu dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran serta data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang belajar dengan menggunakan model ADI memiliki nilai keterampilan argumentasi (72,16 ± 30,38) yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing (46,61 ± 24,71). Siswa perempuan memperoleh nilai keterampilan argumentasi (66,00 ± 29,26) lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki (51,04 ± 25,22). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model ADI terhadap keterampilan argumentasi siswa dengan angka signifikansi 0,000. Perbedaan gender juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa dengan angka signifikansi 0,011. Adapun, interaksi antara model ADI dan gender tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa dengan angka signifikansi sebesar 0,209. Kata Kunci:Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), Gender, Keterampilan Argumentasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 04:04 |
Terakhir diubah: | 11 Apr 2022 04:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57930 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |