M. AGUNG NUGROHO , 1646031019 (2022) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU NARSIS PADA REMAJA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan media baru di Indonesia memberikan dampak bagi perubahan perilaku masyarakat. Khususnya remaja, tidak sedikit yang memanfaatkan media baru sebagai ajang untuk mencari kepopuleran dan pengakuan diri. Salah satu bentuk media baru saat ini yakni aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok merupakan platform media sosial berbentuk video musik yang dapat dibagikan kepada sesama penggunanya. Fitur-fitur yang menarik seperti edit music, sound, video dan special effects yang dimiliki TikTok serta pilihan lagu yang beragam menjadikan aplikasi ini paling banyak diminati oleh remaja saat ini. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari penggunaan aplikasi TikTok ini adalah perilaku narsis. Perilaku narsis setiap remaja berbeda tergantung pada tingkat intensitas remaja dalam menggunakan aplikasi TikTok, semakin tinggi intensitas menggunakan aplikasi TikTok, maka dampak yang ditimbulkan juga akan tinggi begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap perilaku narsis pada remja di Kota Bandar Lampung. Teori yang digunakan adalah teori SOR dan Uses and Effect. Tipe penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan pendekatan survey sebagai pengumpulan data, menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Adapun sampling pada penelitian ini adalah 100 remaja di Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap perilaku narsis pada remaja di Kota Bandar Lampung, hal ini dibuktikan oleh nilai yang cukup besar yakni 59,9%, dikarenakan TikTok sebuah aplikasi berbasis video yang memiliki fitur-fitur yang menarik serta konten dengan perpustakaan musik yang beragam didalamnya sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi remaja pengguna TikTok. sedangkan 41,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, seperti minat pengguaan media sosial lain atau faktor sosial lainya. Kata Kunci : Intensitas, TikTok, Perilaku Narsis The development of new media in Indonesia has an impact on changing people's behavior. especially teenagers,not a few who take advantage of new media as a means to seek popularity and self-recognition. The new media today is the TikTok Apps. Interesting features such as music editor, sound, video and special effects TikTok has and a wide selection of songs make this Apps the most sought after by teenagers. The TikTok Apps is a social media platform in the form of music videos that can be shared with fellow users.One of the behavioral changes that can be caused by using the TikTok Apps is narcissistic behavior. The narcissistic behavior of each teenager is different depending on the intensity level of teenagers in using the TikTok Apps, the higher the intensity of using the TikTok Apps, the impact will also be high and vice versa. This study aims to determine how much influence the intensity of using the TikTok Apps on narcissistic behavior in adolescents in Bandar Lampung City. The theory used is the theory of SOR and Uses and Effects. The type of research used is quantitative with a survey approach as data collection, using accidental sampling technique. The sampling in this study were 100 teenagers in the city of Bandar Lampung. Based on the results of the study, it shows that there is a significant effect between the intensity of using the TikTok Apps on narcissistic behavior in adolescents in Bandar Lampung City, this is evidenced by a fairly large value, namely 59.9%, inbecause TikTok is a video-based Apps that has interesting features and content with a diverse music library in it so that it provides a special attraction for teenage TikTok users. while the remaining 41.1% is influenced by other factors, such as interest in using other social media or other social factors. Keywords :Intensity, TikTok, Narcissistic Behavior
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2203597704 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 04:35 |
Terakhir diubah: | 05 Apr 2022 04:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58002 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |