UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR PUKULAN FOREHAND DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MODIFIKASI BOLA BANYAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEDONG AIR TANJUNG KARANG BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018

Yogi Friski Pratama, 1413051082 (2019) UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR PUKULAN FOREHAND DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MODIFIKASI BOLA BANYAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEDONG AIR TANJUNG KARANG BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1873Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1756Kb) | Preview

Abstrak

Abstract: The purpose of this study was to improve the learning outcomes of basic forehand motion in table tennis through many ball modification tools. The method used in this research is PTK (Class Action Research Colaborasi) as many as three cycles of research subjects totaling 24 students. The technique of collecting data uses a forehand punch base observation scale. The results showed that the first cycle resulted in an increase of 20.83 %, the second cycle was 50 %, and the third cycle was 83,33 %. The results of the increase have increased by more than 50 % which means that there has been an increase in learning outcomes with the modification tools used. If seen from the completeness of learning the first cycle of 5 students resulted in an increase of 25 %, the second cycle of 12 students produced 50 %, and the third cycle of 20 students produced 83.33 %. The conclusion from the results of the study is that by using a lot of ball media it will be more effective in the fifth grade students of SD Negeri 1 Gedong Air. Keywords: forehand blows, many ball media, table tennis. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar pukulan forehand dalam tenis meja melalui alat modifikasi pada siswa kelas Va SD Negeri 1 Gedong air tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaborasi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas Va SD Negeri 1 Gedong air yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 15 siswa putra dan 9 siswa putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan tes dan pengamatan atau observasi penilaian yang didasarkan pada analisis tabulasi, persentase, dan normative. Hasil Penelitian ini menunjukan: Adanya peningkatan gerak dasar Forehand tenismeja melalui modifikasi pembelajaran pada masing-masing setiap siklus. Siklus pertama menghasilkan peningkatan sebesar 20,83%, siklus kedua sebesar 50%, dan siklus ketiga 83,33%. Hasil peningkatan telah meningkat lebih dari 50% itu artinya sudah terjadi peningkatan hasil pembelajaran dengan alat modifikasi yang digunakan. Jika dilihat dari ketuntasan belajar siklus pertama dari 5 siswa menghasilkan peningkatan sebesar 20,83 %, siklus kedua dari 12 siswa menghasilkan sebesar 50 %, dan siklus ketiga dari 20 siswa menghasilkan 83,33%. Kata kunci: alat modifikasi, meja tenis, pukulan forehand.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian > 790 Olahraga, permainan dan hiburan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:38
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58005

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir