PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR SEPAK SILA DENGAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 TEKAD KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2019

JOANITA CINDY PEATRICIA, 1513051015 (2019) PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR SEPAK SILA DENGAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 TEKAD KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (218Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan pembelajaran gerak dasar sepak sila permainan sepak takraw melalui alat bantu . Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sebanyak dua siklus subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala observasi peningkatan pembelajaran gerak dasar sepak sila permainan sepak takraw melalui alat bantu. Hasil penelitian menunjukan pada siklus pertama nilai rata-rata sebesar 65,58 dengan perhitungan tingkat efektivitas 56,67 % itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus kedua nilai rata-rata sebesar 71,21 dengan perhitungan efektivitas 73,33 % itu berarti sudah efektif. Dari hasil penelitian tersebut bahwa dengan menggunakan gerak dasar sepak sila lebih banyak maka akan lebih efektif, peningkatan pembelajaran gerak dasar sepak sila dengan alat bantu pada kelas V SD Negeri 1 Tekad Pulau Panggung, dalam permainan sepak takraw meningkat. Kata Kunci : alat bantu pembelajaran, sepak sila. The purpose of this study is to improve the learning of the basic movements of the game takraw football sila through assistive devices. The method used in the implementation of this study was PTK (Classroom Action Research) of two cycles of research subjects totaling 30 students. Data collection techniques using an observation scale increased learning the basic motion of the game takraw football sila through assistive devices. The results showed in the first cycle an average value of 65.58 with a calculation of the effectiveness level of 22.49 % it means the action has not been effective. In the second cycle the average value of 71.21 with 33 % effectiveness calculation that means it is effective. The conclusion is that by using more basic precepts, it will be more effective, increasing the learning of basic precepts with the tools in class V SD Negeri 1 Tekad Pulau Panggung, in the game of sepak takraw, increases. Keywords: learning, sila football, tools.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian > 790 Olahraga, permainan dan hiburan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:46
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58077

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir