PENERAPAN INSTRUMEN ASESEMEN KINERJA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM FISIKA DENGAN KEMAMPUAN KOLABORATIF DAN KOMUNIKATIF SISWA

Nia Sumiyati, 1513022004 (2019) PENERAPAN INSTRUMEN ASESEMEN KINERJA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM FISIKA DENGAN KEMAMPUAN KOLABORATIF DAN KOMUNIKATIF SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2175Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1824Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan hubungan kinerja siswa pada pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan kolaboratif siswa SMA dan untuk mendeskripsiskan hubungan kinerja siswa pada pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan komunikatif siswa SMA. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 di MAN 2 Bandarlampung yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan kolaboratif, komunkatif dan kinerja dengan menilai secara langsung pada saat siswa melakukan praktikum atau melalui pengamatan, untuk uji kualitas suatu instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan data hasil penelitian menggunakan uji korelasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan kinerja siswa pada pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan kolaboratif siswa dengan nilai sig = ≥ 0,05 dan nilai r = 0,058, lalu hubungan antara kinerja siswa pada pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan komunikatif Nia Sumiyati iii siswa didapat nilainya sig = ≥ 0,05 dan nilai r = -0,176 Artinya tidak terdapat hubungan antara kinerja siswa pada pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan komunikatif siswa. Alasan yang menjadi tidak terdapat hubungan antara kinerja dengan kemampuan kolaboratif dan kemampuan komunikatif yaitu di lihat dari segi indikator kinerja dengan kemampuan kolaboratif dan kemampuan komunikatif yang memang setelah peneliti mencermati setiap indikator antara kinerja dengan kemampuan kolaboratif dan kemampuan komunikatif tidak saling berpengaruh dan tidak memiliki hubungan. Kata kunci: Instrumen asesmen kinerja, kemampuan kolaboratif, kemampuan komunikatif dan praktikum fisika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:53
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58136

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir