Siska, 1513022003 (2019) PENGEMBANGAN CERITA BERGAMBAR FISIKA BERBASIS STEM UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI SAINS PADA SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3386Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan Cerita Bergambar (Cergam) berbasis STEM yang teruji kelayakannya, sehingga dapat digunakan untuk mempelajari materi Kalor dan Perpindahannya di SMP serta mengetahui kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan dari Cergam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan yang mengacu pada proses pengembangan media instruksional oleh Sadiman, dkk. Langkah pengembangannya, yaitu analisis kebutuhan, tujuan, pokok materi, sinopsis, naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, revisi, naskah akhir, dan produk final. Cergam yang dikembangkan dikemas dalam 5 episode dalam 90 halaman yang memaparkan materi Kalor dan Perpindahannya menggunakan pendekatan STEM. Penulis telah melakukan uji validitas produk yang terdiri atas uji ahli materi dan uji ahli desain oleh tiga orang ahli. Uji ahli materi memperoleh skor sebesar 3,46 dan termasuk dalam klasifikasi sangat valid. Uji ahli desain memperoleh skor kemenarikan sebesar 3,62. Skor yang diperoleh tersebut termasuk dalam klasifikasi menarik, yaitu Siska iii berada pada rentang skor 3,26 - 4,00. Uji satu lawan satu memperoleh skor sebesar 3,46 dan termasuk kategori mudah dan bermanfaat. Ilustrasi gambar dan fenomena yang dihadirkan dalam cergam, memudahkan siswa dalam mengingat materi yang disampaikan. Timbulnya minat membaca, meningkatnya ingatan, dan semangatnya siswa dalam belajar mampu mendorong tumbuhnya literasi sains siswa dengan baik. Kata kunci: cerita bergambar fisika, science technology engineering and mathematics, literasi sains
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 16 Apr 2022 02:05 |
Terakhir diubah: | 16 Apr 2022 02:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58197 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |