Ani Latifatun Naj’iyah, 1513022058 (2019) PENERAPAN MODUL INTERAKTIF EFEK FOTOLISTRIK BERBASIS LCDS UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2331Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2332Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penggunaan bahan ajar yang monoton membuat motivasi belajar siswa rendah. Pembelajaran dengan bahan ajar modul interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan mampu melatih kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan modul interaktif efek fotolistrik dengan modul tercetak, mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan modul interaktif, mendeskripsikan keterampilan proses sains pada siswa yang menggunakan modul interaktif efek fotolistrik serta mengetahui respon siswa terhadap pemanfaatan modul interaktif efek fotolistrik. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Natar dengan sampel kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan non-equivalent control grup design. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian iii Ani Latifatun Naj’iyah menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain pada kelas yang menggunakan modul interaktif sebesar 0,65 dengan kategori sedang dan kelas yang menggunakan modul tercetak sebesar 0,29 dengan kategori rendah, serta nilai signifikasi uji Paired Sample T-test sebesar 0,000 yang memiliki arti penerapan modul interaktif efekfotolistrik mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dari uji Independent Sample T Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan modul interaktif dan kelas yang menggunakan modul tercetak. Data kemampuan proses sains pada siswa yang menggunakan modul interaktif dikumpulkan menggunakan LKPD sehingga diperoleh nilai rata keterampilan proses sains 82,6 dengan kategori tinggi, dan data respon siswa terhadap pemanfaatan modul interaktif diperoleh dari angket yang dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penerapan modul interaktif. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, Keterampilan proses sains, Modul interaktif
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:51 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2022 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58213 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |