PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENGGELAPAN SEPEDA MOTOR di PT.WOM (Wahana Ottomitra Multiartha) FINANCE CABANG BANDAR LAMPUNG

HENDRO PURNOMO, 1542011028 (2019) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENGGELAPAN SEPEDA MOTOR di PT.WOM (Wahana Ottomitra Multiartha) FINANCE CABANG BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS HUKUM PIDANA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1683Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1799Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berkaitan dengan kebutuhan yang mendasar tersebut banyak perusahaan- perusahaan leasing yang bergerak di bidang pembiayaan seperti pada perusahaan pembiayaan seperti pada perusahaan leasing PT.WOM Finance cabang Bandar Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Kepolisian dalam Penanggulangan Tindak Pidana Penggelapan Sepeda Motor di PT.Wom Finance Cabang Bandar Lampung dan Bagaimanakah Upaya kepolisian dalam Menanggulangi tindak pidana pengelapan sepeda motor di PT. Wom Finance cabang Bandar Lampung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini secara yuridis normative dan pendekatan yuridis empiris. Narasumber penelitian ini terdiri dari Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Ketua HRD PT.Wom Finance cabang Bandar Lampung dan Dosen Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Lampung. Penggelapan Sepeda Motor di PT.Wom Finance cabang Bandar Lampung factor- faktor yang menimbulkan terjadinya penggelapan sepeda motor yaitu factor internal yang berasal dari dalam diri sang pelaku, factor internal diantaranya adanya hawa nafsu ingin memiliki dan pemanfaatan kesempatan terjadinya kejahatan pengelapan. Faktor eksternal yaitu factor yang berasal dari luar diri sang pelaku yang mempengaruhi seseorang melakukan kejahatan, upaya penanggulangan penggelapan sepeda motor ialah melalui upaya preventif dan upaya represif. Upaya preventif dapat dilakukan dengan cara peranan pencegahan agar tidak terjadi tindak pidana penggelapan sedangkan upaya represif dapat dilalukan dengan cara melalui tugas-tugas penyelidikan, penyidikan dan upaya dimaksutkan untuk menindak para pelaku kejahatan sesuai dengan perbuatannya serta memperbaikinya kembali agar mereka sadar bahwa perbuatannya yang dilakukannya merupakan perbuatan yang melanggar hukum. Hendro Purnomo Saran dalam penelitian ini adalah kepada Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung melakukan penyeluhuan kepada pihak perusahaan terkait dengan peningkatan keamanan dalam menajalankan proses pengambilan kendaraan sepeda motor dengan memeriksa dengan detail sesuai prosedur yang tertera dari perusahaan. Selanjutnya untuk pihak perusahaan PT. WOM Finance cabang Bandar Lampung usahakan harus melakukan atau menjalankan prosedur pengecekan kepada konsumen yang akan melakukan pembelian kendaraan di perusahaan. Kata Kunci : Peran Kepolisian, Tindak Pidana Penggelapan, Sepeda Motor.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:46
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58223

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir