FADLI IMRAN, 1215011032 (2019) ANALISA KESTABILAN LERENG DAN METODE PENANGANANNYA PADA TANAH LEMPUNG BERPASIR (Studi Kasus : Sta 208+00 Double Track Kereta Api Martapura – Baturaja). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
There are several factors that effect the level security of a slope. Such as the condition of a slope with large loads, steep slope and heavy rain condition. The landslide and slope would often occurs on some double track lines on Martapura – Baturaja train because of this things. Therefor, the reinforcement is needed so that the slope is more stable around the slope. The results of physical and mechanical properties of the soil are based on the results of laboratory tests and research in the field. so the PLAXIS program was used in analyzing the stability of the existing slope based on the data. From the results of the program calculation shows that the condition of the slope is not stable. because the safety value indicates 0,89 for saturated conditions and 0,67 for dry conditions and 0,91 for partially saturated conditions. Furthermore, slope stability analysis who was reinforced by a combination of soil retaining wall and borepile. there has been an increase in safety value of 1,30 for saturated conditions, 1,66 for dry conditions and 1,65 for partially saturated conditions. This shows that the slope is stable and the reinforcement design is safe and able to withstand landslides. The conclusions from this research of installed slope reinforcement with a combination of retaining walls and borepile as deep as 8 meters with 3 pieces is capable to withstand the slope from landslides. The analysis uses the PLAXIS program to plan an amount and length of borepile and cantilever retaining walls is best to carried out on the soil with saturated water or maximum groundwater level to get a maximum safe value. This research was conducted at Sta 208 + 00 double track Martapura - Baturaja train because it often occurs in the area. Key word : Analysis of Slope On Sandy Clay Tingkat keamanan lereng dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti kondisi lereng dengan beban yang besar, kemiringan yang curam dan kondisi hujan yang deras. Hal ini sering mengakibatkan terjadinya kelongsoran dan kemiringan sebagian jalur double track kereta api Martapura - Baturaja. Sehingga di sekitar lereng diperlukan perkuatan agar lereng tersebut lebih stabil. Berdasarkan hasil uji laboratorium dan penelitian di lapangan didapatkan hasil sifat fisik dan mekanis tanah. Dari data tersebut digunakan program PLAXIS dalam melakukan analisis stabilitas lereng eksisting. Hasil perhitungan program menunjukkan kondisi lereng tidak stabil. karena nilai angka keamanan menunjukkan 0,89 untuk kondisi jenuh dan 0,67 untuk kondisi kering dan 0,91 untuk kondisi jenuh sebagian. Selanjutnya dilakukan analisis stabilitas lereng yang diperkuat dengan kombinasi dinding penahan tanah dan bor pile. Diperoleh peningkatan nilai angka keamanan sebesar 1,30 untuk kondisi jenuh, 1,66 untuk kondisi kering dan 1,65 untuk kondisi jenuh sebagian. Ini menunjukan lereng sudah stabil dan desain perkuatan tersebut aman dan mampu menahan kelongsoran. Kesimpulan dari penelitian tersebut, perkuatan lereng dengan kombinasi dinding penahan tanah dan pile yang dipasang sedalam 8 meter sebanyak 3 buah dapat menahan lereng dari kelongsoran. Analisis menggunakan program PLAXIS untuk merencanakan jumlah dan panjang bor pile dan dinding penahan kantilever sebaiknya dilakukan pada tanah kondisi jenuh air atau muka air tanah maksimum untuk mendapat angka aman yang maksimal. Penelitian ini dilakukan pada Sta 208+00 double track kereta api Martapura – Baturaja karena pada daerah tersebut sering terjadi kelongsoran. Kata kunci : Analisa Lereng Lempung Berpasir
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:52 |
Terakhir diubah: | 20 Apr 2022 02:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58664 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |