ADELIA GEBRINNA, 1413052003 (2019) HUBUNGAN STATUS EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA BUDAYA KEMILING TAHUN AJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2015Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1996Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar pada siswa SMA Budaya Kemiling tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini bersifat korelasional dengan jumlah sampel 84 siswa yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment dan partial. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara status ekonomi dengan motivasi belajar di mana rhitung=0,164<rtabel=0,214 yang berarti semakin tinggi status sosial ekonomi siswa maka motivasi belajarnya juga semakin tinggi, begitupun sebaliknya. Kedua, terdapat hubungan yang negatif dan tidak signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar di mana rhitung=-0,246<rtabel=0,214, yang berarti rendahnya tingkat pendidikan orangtua akan semakin memotivasi siswa untuk belajar. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar di mana rhitung=0,251>rtabel=0,214 yang artinya semakin tinggi status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua akan semakin tinggi motivasi belajar siswa, begitupun sebaliknya. Fhitung=2,729 dan Ftabel N=84 bernilai 3,11. Kata kunci :ekonomi, motivasi belajar, pendidikan orangtua
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:12 |
Terakhir diubah: | 19 Apr 2022 02:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58849 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |