PENGARUH PEMBERITAAN KONGRES LUAR BIASA (KLB) PARTAI DEMOKRAT DI DELI SERDANG TERHADAP KREDIBILITAS KEPEMIMPINAN AGUS HARIMURTI YUDHOYONO (AHY) DI KALANGAN MAHASISWA

Muhammad Allaam Falih, 1746031001 (2022) PENGARUH PEMBERITAAN KONGRES LUAR BIASA (KLB) PARTAI DEMOKRAT DI DELI SERDANG TERHADAP KREDIBILITAS KEPEMIMPINAN AGUS HARIMURTI YUDHOYONO (AHY) DI KALANGAN MAHASISWA. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Skripsi - Abstrak.pdf

Download (764Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi-Upload Digilib.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2537Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi-Upload Digilib-Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2230Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemberitaan mengenai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang tersebar di berbagai media. Tajuk pemberitaan ini menyebar di berbagai media massa, baik media mainstream maupun media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media mainstream dan media sosial baik secara terpisah maupun bersama- sama terhadap kredibilitas kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kalangan mahasiswa, sekaligus mengetahui bagaimana hubungan antara kedua media tersebut secara langsung. Teori yang diuji dalam penelitian ini adalah teori jarum hipodemik dan teori stimulus respon. Teori jarum hipodemik menjelaskan mengenai bagaimana media massa memiliki kuasa serta kemampuan stimuli yang cukup besar hingga mampu memberikan pengaruh yang begitu besar kepada khalayak saat menerima pesan atau informasi, sedangkan teori stimulus respon menjelaskan bahwa bahwa media massa menyalahgunakan pengaruhnya (corrupting influence) dan merusakan tatanan sosial, sementara rakyat biasa tidak berdaya menghadapi pengaruh mereka. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 orang, dengan syarat, sampel pernah mengkonsumsi pemberitaan KLB Partai Demokrat. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan media mainstream terhadap kredibilitas kepemimpinan AHY ialah sebesar 46.8%, sedangkan media sosial sebesar 47.3%, dan pengaruh keduanya secara bersama sama ialah 51.8%, selain itu, nilai hubungan antara media mainstream dan media sosial memiliki nilai yang tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2203955382 . Digilib
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:49
Terakhir diubah: 08 Apr 2022 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58939

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir