EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

FEBRY ZAHARA, 1513023038 (2019) EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2793Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1903Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains terpadu siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Natar semester ganjil tahun 2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah serta praktikum. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan proses sains terpadu untuk kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, disimpulkan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan proses sains terpadu pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada rata- iii rata nilai n-Gain keterampilan proses sains terpadu dengan pembelajaran konvensional. Hasil tersebut diperkuat dengan nilai rata-rata persentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa keterampilan proses sains terpadu siswa di kelas eksperimen lebih terlatih, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berkiteria tinggi. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasilnya yaitu pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing memilki ukuran pengaruh yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains terpadu pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: inkuiri terbimbing, larutan elektrolit dan non elektrolit, keterampilan proses sains terpadu.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:15
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59107

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir